TikTok Hibur Melalui Kampanye #SerunyaRamadan - Male Indonesia
TikTok Hibur Melalui Kampanye #SerunyaRamadan
MALE ID | Whats Up

Menyambut bulan suci Ramadan, platform video singkat terdepan, TikTok, meluncurkan kampanye bertajuk #SerunyaRamadan. Mengangkat konsep festival online selama sebulan penuh hingga 3 Mei 2022, berbagai program menarik akan menemani pengguna untuk menjalani bulan puasa dengan kegiatan yang lebih beragam di platform TikTok, Mulai dari sesi livestream di TikTok LIVE, tantangan di dalam aplikasi, hingga beragam program ngabuburit menghibur di Festival Seru Ramadan siap untuk menyemarakkan momen Ramadan serta memberikan kehangatan untuk kreator dan komunitas TikTok.

Male Indonesia

Meskipun banyak perubahan yang terjadi selama beberapa tahun terakhir, Ramadan tetap menjadi salah satu momen penting yang dinantikan banyak orang. Hal ini terlihat dari perilaku pengguna TikTok yang terangkum dalam laporan "Ramadan 2022 with TikTok: Igniting Joy", di mana 76% pengguna ingin tetap merayakan Ramadan dengan penuh kebahagiaan seperti di tahun sebelum pandemi. Untuk itu, pengguna kerap mencari inspirasi di platform TikTok yang dapat membantu mereka untuk menjalani Ramadan dengan lebih seru dan mempersiapkan bulan suci dengan lebih matang.

Kampanye #SerunyaRamadan menghadirkan berbagai program dan inspirasi untuk menemani pengguna menjalani puasanya, mulai dari challenge, program LIVE, hingga program ngabuburit dengan kreator dan selebriti. "Ramadan tahun ini mungkin akan terasa berbeda dengan semakin terbukanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan secara offline, seperti sahur on the road, buka puasa bersama, beribadah di masjid, dan juga mudik ke kampung halaman. TikTok, sebagai sumber hiburan dan inspirasi, ingin terus hadir menemani pengguna selama mereka menjalani Ramadan, dan ini terwujud dengan adanya ragam program di kampanye #SerunyaRamadan untuk dinikmati kapan pun dan dimana pun. Harapannya, pengguna bisa mendapatkan inspirasi untuk menjadikan Ramadan dan Lebaran kali ini lebih semarak, baik saat merayakannya secara langsung maupun virtual," kata Mahwari Sadewa Jalutama, Content and Growth Operations Lead, TikTok Indonesia. 

Rangkaian program yang hadir di kampanye #SerunyaRamadan ini menjadi persembahan TikTok bagi komunitas untuk merayakan puasa dan Lebaran dengan lebih seru secara virtual. Melalui komunitas TikTok yang inklusif, mulai dari konten kreator, selebriti, tokoh masyarakat, hingga pelaku bisnis, pengguna bisa saling berbagi kebahagiaan dan keseruan Ramadan dari rumah menggunakan fitur dan creative tools TikTok yang canggih. Berbagai kegiatan menarik ini antara lain:

1. Konten Seputar Ramadan, di mana pengguna bisa menemukan inspirasi dari sajian konten para kreator yang beragam, mulai inspirasi menu sahur dan berbuka di tagar #KulinerSeruRamadan, ngabuburit sambil belajar hal baru #InspirasiSeruRamadan, menikmati santapan berbuka sembari menyaksikan #HiburanSeruRamadan untuk kategori komedi, bersiap untuk menjalani bulan puasa dengan penuh gaya dengan inspirasi fesyen dari #GayaSeruRamadan, serta merekam momen perayaan hari kemenangan melalui #SerunyaLebaran.

2. Ramadan TikTok LIVE, yang mengangkat topik seru dari kegiatan sehari-hari para kreator, dengan acara puncak di tanggal 29 April 2022 yang akan dimeriahkan oleh sejumlah top kreator.

3. Effect dan musik edisi Ramadan, yang tersedia untuk pengguna mengekspresikan kreativitas dan berkumpul untuk menikmati momen Ramadan secara unik dan kreatif.

4. Festival Seru Ramadan, yang berisi ragam konten hiburan di jam buka puasa, mulai dari pertunjukan musik, pemutaran serial TV populer dari sejumlah mitra, hingga bincang-bincang seru bersama host selebriti, salah satunya yang dipandu oleh musisi Melly Goeslaw.

"Di tengah berbagai perubahan yang ada, saya melihat TikTok bisa menjadi platform hiburan penuh inspirasi bagi banyak orang. Beragam konten kreatif yang disajikan oleh komunitas TikTok mendorong saya untuk ikut serta memeriahkan keseruan di TikTok, salah satunya melalui Festival Seru Ramadan. Pada salah satu sesi yang saya pandu, saya akan mengajak sejumlah teman-teman selebriti lainnya untuk duduk dan berbagi cerita inspiratif untuk menemani ibadah puasa. Saya berharap program ini bisa menjadi sumber inspirasi dan hiburan untuk merayakan Ramadan tahun ini dengan aman dan nyaman bersama komunitas TikTok," ujar Melly Goeslaw, musisi yang aktif mengunggah konten musik dan hiburan di akun @mellygoeslawtv. 

Keseruan Ramadan di TikTok ini turut dirasakan oleh para kreator yang sering membagikan konten hiburan di TikTok, salah satunya adalah Dwiki Afrilian. "Bisa menghibur banyak orang melalui konten komedi saya di TikTok menjadi suatu hal yang sangat berarti bagi saya. Senang sekali rasanya bisa mengajak pengguna bernostalgia tentang kegiatan khas Ramadan mereka melalui konten yang saya unggah di TikTok, yang dapat ditemukan di tagar #HiburanSeruRamadan," ungkap kreator yang juga baru saja terpilih sebagai Best Comedy di program TikTok Awards Indonesia 2021 ini.

"Kami melihat pengguna TikTok semakin kreatif dalam mengeksplorasi konten, berbagi inspirasi dan menghibur baik dalam kreasi konten maupun menikmati konten pengguna lainnya. Harapan kami, kampanye #SerunyaRamadan ini dapat memungkinkan pengguna tetap merayakan Ramadannya dengan seru, seperti tahun-tahun sebelumnya," tutup Mahwari.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kampanye #SerunyaRamadan, pengguna dapat mengakses tagar #SerunyaRamadan dan mengunjungi banner di tab 'Discover' yang tersedia di aplikasi TikTok atau melalui laman berikut bit.ly/SerunyaRamadan2022.

SHARE