5 Cara Mudah Menggunakan Alat Treadmill - Male Indonesia
5 Cara Mudah Menggunakan Alat Treadmill
MALE ID | Sex & Health

Salah satu olahraga favorit yang cukup mudah dilakukan oleh pemula adalah dengan menggunakan alat treadmill. Sekilas memang terlihat gampang, tetapi mengoperasikan alat olahraga satu ini tidak boleh sembarangan. Bisa-bisa Anda bisa cedera saat berolahraga.

Male IndonesiaPhoto by Ryan De Hamer on Unsplash

Tenang, Anda bisa menggunakan alat olahraga treadmill dengan lebih baik lagi bila mengikuti beberapa cara berikut ini. Simak, yuk!

Pahami fitur pada treadmill

Hal pertama yang wajib Anda lakukan untuk menggunakan alat olahraga treadmill adalah memahami fungsi dari setiap fitur yang ada. Biasanya, fitur yang disediakan berbeda-beda, tergantung dari tipe dan harga treadmill tersebut.

Jadi, sebelum menggunakannya, pastikan Anda telah mempelajari manual book yang tersedia. Umumnya, treadmill dengan fitur lebih lengkap memang harganya cenderung lebih mahal, tetapi Anda bisa berolahraga dengan maksimal.

Lakukan pemanasan

Sebelum olahraga, tentunya Anda harus melakukan pemanasan untuk merilekskan otot-otot dan mempersiapkan tubuh. Sama seperti menggunakan alat treadmill ini, pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Nah, Anda bisa langsung pemanasan di alat treadmill dengan mengatur kecepatan pada 2 mph selama 5-10 menit. Pemanasan ini dapat membantu tubuh Anda agar tidak kaku dan mengalami kram saat sedang latihan.

Perlahan tambah kecepatan dan kemiringan

Setelah selesai pemanasan, Anda bisa menambah kecepatan treadmill menjadi 4 hingga 6 mph selama 1 menit dengan gerakan berjalan cepat. Lalu, setiap 1 menit, Anda bisa menambahkan kemiringan 1 persen.

Ulangi hal tersebut sampai kemiringan mencapai 10 persen. Nah, saat sudah 10 persen, maka secara perlahan Anda bisa mengurangi kemiringan sebanyak 1 persen setiap 1 menit. Lakukan gerakan ini berulang sampai treadmill kembali ke posisi datar.

Lakukan pendinginan

Setelah treadmill sudah berada pada posisi datar, teruslah berjalan selama 5-10 menit dengan kecepatan 2 mph sebagai pendinginan. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh Anda yang lelah jadi lebih rileks, serta mencegah terjadinya kram dan sakit tulang, setelah berolahraga.

Konsumsi air mineral yang cukup

Selama menggunakan treadmill, Anda pasti akan berkeringat sehingga Anda harus memastikan untuk memenuhi kebutuhan air di tubuh. Usahakan untuk minum air mineral sekitar 30 menit sebelum olahraga.

Lalu, minum air kembali setelah selesai olahraga. Dengan konsumsi air yang cukup, tubuh Anda akan terhindar dari dehidrasi dan bisa mengurangi risiko sakit pada bagian perut saat berolahraga.

Itu dia beberapa cara mudah memakai treadmill dengan hal. Satu hal yang perlu diingat adalah hindari memegang handrail atau pegangan pada treadmill karena bisa menurunkan efektivitas olahraga Anda.

Nah, Anda dapat menemukan treadmill dan peralatan olahraga dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com. Situs e-commerce ini juga menjual berbagai perlengkapan dan perabot rumah tangga berkualitas dari merek-merek ternama, seperti Ace Hardware dan Informa. Anda pun bisa memperoleh berbagai promo menarik, lho. Yuk, mulailah latihan treadmill dengan alat yang tepat secara rutin agar tubuh Anda selalu sehat. 

 

SHARE