Cara Ubah Ponsel Lama Anda Terasa Baru Lagi - Male Indonesia
Cara Ubah Ponsel Lama Anda Terasa Baru Lagi
MALE ID | Digital Life

Mungkin smartphone Anda saat ini berada di ambang kematian dan Anda merasa perlu menggantinya dengan gadget baru.

Male Indonesia

Namun jika ponsel Anda masih berfungsi baik, yang perlu Anda lakukan hanyalah merapikan sedikit dengan membuat ponsel lama Anda itu terasa seperti baru. Sehingga Anda bisa melupakan pembelian yang baru untuk 1-2 tahun lagi. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Ganti Baterai

Jika ponsel Anda telah berumur beberapa tahun, kemungkinan daya tahan baterainya sudah tidak sama lagi seperti saat pertama kali membelinya. Harga baterai baru biasanya lebih murah dari harga ponsel baru kelas menengah.

Melansir Life Hacker, pada beberapa ponsel, terutama iPhone, akan melambat secara otomatis saat baterai terlalu tua. Sistem operasi melakukan ini untuk mencegah ponsel Anda mati secara tidak terduga. Meskipun Anda dapat mematikan fitur ini, Anda mungkin tidak akan melihat kinerja yang hampir sama dengan baterai baru. Baterai baru dapat mengubah semua itu, bisa melakukan lebih dari sekadar memperpanjang waktu Anda jauh dari pengisi daya.

Kosongkan Beberapa Ruang Penyimpanan

Sistem manajemen penyimpanan yang memiliki aplikasi, foto, video, dan lainnya yang mengisi ponsel Anda hingga penuh, itu akan menimbulkan masalah. Itu karena semua ponsel membutuhkan ruang penyimpanan ekstra agar berfungsi dengan baik.

Jika ponsel Anda terus memberitahu bahwa penyimpanan hampir penuh, maka saatnya mengosongkan beberapa penyimpanan. Anda tidak perlu menghapus banyak; setidaknya 5-10% dari total memori Anda. Saat ini, baik Android maupun iOS memudahkan untuk melihat apa yang paling banyak menghabiskan penyimpanan di perangkat Anda.

Di iOS, buka Pengaturan> Umum> Penyimpanan iPhone; di Android, buka Pengaturan> Penyimpanan. Kedua sistem menawarkan tip menghapus file besar untuk mengosongkan ruang.

Bersihkan Port Pengisian Daya

Jika Anda merasa bahwa pengisian daya ponsel menjadi lambat atau tidak konsisten, Anda tidak perlu membeli perangkat baru. Coba bersihkan port pengisian daya. Anda tidak akan percaya betapa tersumbatnya port itu karena serat dan puing-puing halus dari saku Anda yang terperangkap dan masuk ke dalam port. Ini bisa menghalangi kemampuan pengisi daya untuk terhubung dengan benar.

Untuk membersihkannya, gunakan seutas kawat tipis (seperti jarum pembuka SIM) untuk mengeluarkan penghalang dari port. Ingat, bersihkan dengan hati-hati karena port ini rapuh. Jika Anda mengikis koneksi terlalu keras, Anda dapat merusaknya secara permanen.

Casing dan Pelindung Layar

Bagian dari daya tarik ponsel baru tampilan casing-nya. Gantilah casing lama dengan warna baru atau. Anda akan terkejut betapa transformatifnya hal ini. Gunakan casing kulit untuk menambahkan nuansa yang lebih mewah, atau pilih silikon warna-warni jika Anda suka penampilan yang cerah.

Begitu pula dengan pelindung layar yang sudah usang, retak dan tergores, kemungkinan akan mempengaruhi persepsi tentang ponsel Anda. Sebelum layar ponsel Anda jadi rusak, dan menelan biaya mahal untuk memperbaikinya, lebih baik gantilah pelindung layar yang lama itu dengan yang baru.

Ubah Wallpaper

Pertama kali Anda melihat ponsel, akan tampak tampilan wallpaper. Anda akan merasa ada perubahan kecil jika dalam beberapa waktu sekali Anda mengubah tampilan wallpaper ponsel Anda.

Jika Anda tidak ingin bosan, gantilah wallpaper ponsel Anda dengan sesuatu yang berbeda dari yang Anda miliki sebelumnya. Pilih sesuatu dengan skema warna yang berlawanan, apakah itu suatu objek atau bergaya seni.

SHARE