Cara Kerja Poliamori Bagi Anda yang Penasaran - Male Indonesia
Cara Kerja Poliamori Bagi Anda yang Penasaran
MALE ID | Relationships

Poliamori adalah bentuk non-monogami konsensual atau etis di mana orang mungkin memiliki hubungan romantis dengan banyak orang pada saat yang sama. Kata polyamory dapat dipecah menjadi dua bagian: poly, yang berasal dari bahasa Yunani dan diterjemahkan menjadi "banyak atau lebih dari satu," dan amor, yang dalam bahasa Latin dan berarti "cinta."

Photo by Crew on Unsplash

Poliamori mungkin terdengar mirip dengan poligami, tapi keduanya berbeda. "Poligami cenderung merujuk pada pernikahan, tetapi jika poliamori, tidak," kata Kamela Dolinova, seorang konselor yang bekerja dengan komunitas polyamorous dalam laman Mindbodygreen.

Sebenarnya, apapun jenisnya, baik itu monogami atau poliamori, tidak ada aturan yang ditetapkan, tetapi orang-orang yang terlibat dalam hubungan tertentu menciptakan batasan dan kesepakatan mereka sendiri. 

Kuncinya adalah memastikan bahwa Anda menghormati batasan dan kesepakatan apa pun yang dibuat dan secara terbuka mengomunikasikan keinginan Anda jika keinginan tersebut telah berkembang melampaui persyaratan aslinya. Tapi fokus pada poliamori, bagi Anda yang pensaran, berikut adalah beberapa cara poliamori yang ingin Anda ketahui.

"Membuka" Hubungan yang Ada
Terkadang pasangan akan "membuka" hubungan mereka, mungkin berarti salah satu atau keduanya mulai berkencan dengan orang lain (dengan persetujuan satu sama lain). Kadang-kadang juga bisa berarti orang ketiga berkencan dengan kedua pasangan, membentuk hubungan tiga orang (juga dikenal sebagai throuple). Atau, dua pasangan mungkin memilih untuk terlibat secara romantis atau seksual satu sama lain.

Pendekatan Hirarkis
Dalam hubungan poliamori, beberapa mungkin memilih untuk memprioritaskan satu pasangan di atas yang lain, menjadikan orang itu sebagai pasangan "utama" mereka. Ada juga pilihan untuk memiliki beberapa mitra utama atau meninggalkan ruang untuk hubungan tambahan yang dapat berkembang ke tingkat utama, atau mereka yang lebih memilih pendekatan hierarkis mungkin memilih untuk tetap dengan satu hubungan utama. 

Dalam pengaturan ini, mitra lain dianggap sebagai mitra sekunder, dan mereka sering kali harus menerima aturan atau batasan waktu yang sudah ada sebelumnya yang ditentukan oleh anggota hubungan utama. 

Poliamori Tunggal
Beberapa orang mempraktikkan 'poliamori tunggal', di mana mereka memiliki beberapa pasangan tetapi tidak tinggal dengan salah satu dari mereka. Anda mungkin mengatakan ada banyak cara untuk mempraktikkan poliamori seperti halnya orang dalam hubungan seperti itu. Satu-satunya benang merah adalah bahwa semua orang-orang yang terlibat perlu tahu satu sama lain dan mau berkomunikasi.

SHARE