Alasan Mengapa Latihan Berat Badan Juga Penting - Male Indonesia
Alasan Mengapa Latihan Berat Badan Juga Penting
MALE ID | Sport & Hobby

Menjadi bugar tidak harus rumit. Tetap sederhana, aman, dan efektif dengan latihan berat badan yang dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Terlepas dari apakah Anda seorang atlet, penggemar olahraga rekreasi, atau seseorang yang tidak pernah mengangkat apa pun.

Photo by Fortune Vieyra on Unsplash

Latihan beban tubuh menggunakan tubuh Anda sebagai daya tahan dan sangat penting untuk mendapatkan dan mempertahankan otot, terutama seiring bertambahnya usia. Menurut National Institute of Health, sejak usia 30 tahun, Anda secara bertahap kehilangan massa dan kekuatan otot sebagai bagian alami dari proses penuaan. 

Tingkat kehilangan bervariasi dari orang ke orang dan akan meningkat karena gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan pilihan nutrisi yang buruk. Jika Anda tidak melakukan apa-apa, rata-rata manusia akan kehilangan 3% sampai 5% dari massa otot mereka setiap dekade. Tapi ada berita bagus. Dengan tambahan gerakan harian, latihan kekuatan mingguan, dan pilihan nutrisi yang tepat, mendapatkan otot lebih mudah dari yang Anda harapkan.

Jika Anda ingin membangun kepercayaan diri, daya tahan, bergerak lebih baik, merasa lebih kuat, dan menurunkan berat badan, mulailah dengan latihan berat badan. Tubuh Anda adalah salah satu mesin kebugaran paling fantastis yang pernah dibuat untuk menangani tuntutan dan tantangan fisik kehidupan, dan selalu tersedia untuk Anda. 

Dengan sedikit usaha, konsistensi, dan pemrograman progresif yang tepat, Anda tidak hanya akan meningkatkan tingkat kebugaran Anda, tetapi Anda juga akan terus merasa fokus secara mental, dan Anda bahkan dapat meminimalkan efek dari proses penuaan.

Bisa Membangun Otot
Dengan latihan berat badan, Anda juga bisa membangun otot Anda. Setelah latihan yang intens, serat otot rusak dan perlu diperbaiki. Selama fase perbaikan inilah otot-otot akan menguat dan tumbuh. Perhatikan bahwa agar proses ini terjadi, tubuh harus didorong keluar dari zona nyamannya.

Menggunakan resistensi eksternal, alias beban bebas, barbel, atau pita, akan mempercepat proses ini dan merupakan tambahan yang fantastis untuk program kekuatan apa pun, tetapi itu bisa dilakukan hanya dengan berat badan Anda.

Mengutip laman Lifehack, triknya adalah terus mengubah variabel latihan Anda (set, repetisi, intensitas, waktu di bawah tekanan). Setelah Anda menguasai teknik Anda, sekarang saatnya untuk membawanya ke tingkat berikutnya dengan menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan latihan yang dilakukan secara perlahan, dengan fokus pada melibatkan otot selama fase kontraksi.

Dengan latihan berat badan, variasinya tidak terbatas dan dapat diterapkan pada situasi kehidupan apa pun saat ini. Apakah Anda memiliki waktu 10 menit atau satu jam. Jika Anda baru memulai, mulailah dengan 20 menit dua kali seminggu selama dua hingga empat minggu. Saat tingkat kebugaran Anda meningkat, tingkatkan waktu dan jumlah hari/minggu.

Hal terbesar tentang latihan berat badan adalah ada banyak variasi, dan Anda tidak akan pernah bosan. Pilih latihan dari setiap kategori. Selalu dimulai dengan gerakan yang melatih banyak otot sekaligus ex push-up dan squat, kemudian beralih ke latihan yang melatih otot yang lebih kecil, alias dips untuk trisep.

SHARE