Satu Hal Ini Bisa Prediksi Anda Menderita Diabetes - Male Indonesia
Satu Hal Ini Bisa Prediksi Anda Menderita Diabetes
MALE ID | Sex & Health

Ada beberapa faktor risiko diabetes, beberapa di antaranya dapat dicegah dan yang lainnya tidak. Para peneliti terus mempelajari diabetes, berharap untuk mendapatkan lebih banyak pemahaman tentang apa yang menyebabkannya dan bagaimana mencegahnya. 

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Temuan baru baru-baru ini telah mengidentifikasi faktor risiko signifikan untuk diabetes tipe 2, yang dapat membantu mencegah banyak orang mengembangkan kondisi tersebut. Mengutip laman Eat This, berikut ini adalah tanda-tandanya bahwa Anda akan menderita diabetes.

BMI Masa Kecil Anda Bisa Memprediksi Diabetes
Surat penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa obesitas pada masa kanak-kanak, indeks massa tubuh yang tinggi (BMI) bisa menjadi faktor risiko yang signifikan untuk diabetes tipe 2 dan infark miokard dini, dan pada akhirnya menyebabkan kesehatan yang lebih buruk secara keseluruhan. dewasa muda terlepas dari BMI.

Para peneliti menggunakan skor-z BMI dari 12.300 anak-anak antara usia 11 dan 18 dengan 24 tahun tindak lanjut data yang dilaporkan sendiri melalui National Longitudinal Study of Adolescent to Adult Health. Mereka menemukan bahwa BMI yang lebih tinggi pada masa remaja bertanggung jawab atas peningkatan 2,6 persen dalam kesehatan yang buruk secara keseluruhan, risiko 8,8 persen lebih besar untuk diabetes tipe 2 dan 0,8 persen peningkatan risiko infark miokard dini untuk orang dewasa di usia 30-an dan 40-an.

BMI Remaja Anda adalah Faktor Risiko untuk Masalah Kesehatan Lainnya
"Temuan bahwa BMI remaja merupakan faktor risiko untuk hasil kesehatan yang buruk di masa dewasa, terlepas dari BMI dewasa, memiliki implikasi signifikan bagi pemahaman kita tentang onset penyakit kardiovaskular," kata pemimpin studi Jason M. Nagata, MD, MSc, dalam siaran pers. 

"Mempertimbangkan temuan ini, penyedia layanan kesehatan harus mempertimbangkan riwayat BMI ketika menilai risiko penyakit kardiovaskular dan kronis."

"Studi kami menunjukkan bahwa masa remaja adalah periode waktu yang penting untuk mengoptimalkan kesehatan dan mencegah serangan jantung dini," lanjut Nagata. "Dokter anak harus mendorong remaja untuk mengembangkan perilaku sehat termasuk aktivitas fisik dan makanan seimbang." 

"Sangat penting untuk mengetahui risiko diabetes dan melakukan skrining diabetes sejak dini jika Anda khawatir dengan risiko Anda. Tes darah sederhana dapat memberi tahu Anda risiko Anda," kata Dr. Deena Adimoolam , ahli endokrinologi terlatih Yale yang berspesialisasi dalam diabetes, makanan sebagai obat dan kesehatan metabolisme. 

Anda Merasa Haus Berlebihan
Jika Anda menderita diabetes, Anda mungkin mengalami polidipsia rasa haus yang meningkat atau poliuria, sering buang air kecil yang berlebihan.

Anda Selalu Merasa Lapar
Merasa lapar setelah berolahraga atau melewatkan makan adalah hal yang wajar. Tetapi diabetes mungkin merasa lapar tanpa alasan dan ternyata makanan tidak meredakan rasa sakitnya. Sebenarnya ada istilah medis untuk selalu merasa lapar saat Anda menderita diabetes, ini disebut polifagia.

Anda Memiliki Penglihatan Kabur
Jika Anda menduga penglihatan kabur ketika Anda menderita diabetes adalah karena masalah gula darah, Anda telah memperhatikan. Lensa mata Anda membengkak ketika kadar gula darah tinggi, dan air tubuh ditarik ke dalam lensa.

Anda Merasa Sangat Lelah
Ketika glukosa darah Anda tidak terkontrol, Anda mungkin mengalami hiperglikemia yang dapat menyebabkan mual, napas berbau buah, sesak napas dan mulut kering atau gula darah tinggi, dan merasa kekurangan energi. 

SHARE