Menangani Rasa Cemburu yang Berlebih dalam Diri - Male Indonesia
Menangani Rasa Cemburu yang Berlebih dalam Diri
MALE ID | Relationships

Cemburu adalah emosi yang kompleks. Itu terjadi ketika ada ancaman nyata atau yang dirasakan terhadap hubungan interpersonal. Seseorang mungkin membenci orang ketiga karena mengambil atau tampak mengambil kasih sayang dari orang yang mereka cintai.

Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Meskipun biasanya dianggap sebagai emosi negatif, wajar jika mengalami rasa cemburu dalam hubungan. Anda mungkin merasakan kecemburuan yang mencurigakan atau kecemburuan reaktif. Yang pertama didasarkan pada persepsi dan sering dikaitkan dengan harga diri rendah dan rasa tidak aman, dan yang terakhir didasarkan pada situasi yang benar-benar mengancam hubungan.

Dalam dosis yang sehat, kecemburuan dapat berfungsi sebagai pengingat untuk menghargai atau memprioritaskan suatu hubungan. Namun, tingkat kecemburuan yang tinggi dapat memengaruhi kualitas hubungan secara keseluruhan. 

Mengutip laman Verwellmind, berbagai faktor psikologis dan sosial ekonomi dapat menyebabkan kecemburuan. Tergantung pada kepribadian dan gaya keterikatan Anda, Anda mungkin lebih rentan mengalami emosi. Tingkat saling ketergantungan yang tinggi dalam suatu hubungan dapat meningkatkan risiko kecemburuan Anda.

Anda bisa merasa cemburu ketika orang yang dicintai menghabiskan banyak waktu mereka bergaul dengan teman tertentu atau berbicara panjang lebar dengan rekan kerja di depan Anda, atau Anda bisa merasa cemburu ketika pasangan mengakui pencapaian orang lain tetapi bukan milik Anda, atau rekan kerja dia. 

Cara Menangani Kecemburuan
Jika Anda tidak belajar mengatasi kecemburuan, itu bisa membuat hubungan Anda tegang atau terluka. Jika kecemburuan Anda berdampak negatif pada kesehatan mental atau hubungan Anda, Anda harus menggunakan mekanisme koping yang direkomendasikan Dr. Gonzalez-Berrios.

Hadapi Ketakutan Anda
Kecemburuan dapat berasal dari rasa tidak aman atau citra diri yang buruk, itulah mengapa sangat penting untuk menghadapi ketakutan Anda. Ini bisa termasuk rasa takut kehilangan pasangan atau takut gagal. Setelah Anda mengenali ketakutan ini, Anda dapat mengakui dan mengatasinya, karena mereka sering menjadi penyebab kecemburuan.

Sampaikan Harapan Anda
Dalam hubungan apa pun, penting untuk mengembangkan harapan yang realistis tentang berapa banyak waktu yang dapat dihabiskan seseorang bersama Anda. Jika mereka tidak dapat memenuhi harapan Anda, cobalah untuk tidak menyalahkan. Lihat apakah Anda dapat bekerja sama untuk menetapkan harapan yang lebih masuk akal.

Terbuka dan Jujur
Hubungan yang sehat bergantung pada komunikasi yang kuat. Jika kecemburuan muncul, Dr. Gonzalez-Berrios menyarankan untuk melakukan percakapan yang terbuka dan jujur ??tentang perasaan Anda. Cobalah untuk menyelesaikan kesalahpahaman dengan belas kasih dan saling percaya.

Latih Perhatian Penuh
Emosi negatif dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Saat Anda merasa cemburu atau emosi negatif lainnya, seperti kemarahan atau dendam, cobalah berlatih meditasi kesadaran.

SHARE