Lakukan 5 Hal Ini Jika Motor Telah Lama Terparkir - Male Indonesia
Lakukan 5 Hal Ini Jika Motor Telah Lama Terparkir
MALE ID | Sport & Hobby

Setelah parkir lama, adakah hal yang harus dipersiapkan untuk kembali menggunakan kendaraan? Tentunya ada beberapa bagian penting yang perlu dicek dengan seksama oleh pemilik kendaraan, khususnya kendaraan bermotor. 

Photo by Clay Banks on Unsplash

Menyimpan motor dalam waktu yang lama, justru rentan mengalami kerusakan. Ketika tidak digunakan itu, beberapa komponen sepeda motor seperti rantai roda, kabel kopling, kabel gas dan bagian-bagian lainnya perlu diperhatikan oleh pemilik. 

Contohnya saja, jika motor disimpan lebih dari satu bulan, oli mesin biasanya akan mengendap di bak penampungan. Sementara ketika mesin dihidupkan, komponen mesin di bagian atas butuh pelumasan yang tidak sedikit. Jangan sampai ketika mesin dihidupkan, komponen di kepala silinder dalam kondisi minim pelumasan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan supaya motor tetap aman ketika sudah lama tak dinyalakan atau digunakan.

1. Cuci Motor Sebelum Diparkir
Sebelum terparkir, baiknya cuci sepeda motor hingga bersih. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya karat dan risiko lainnya yang berpotensi merusak komponen.

2. Memberikan Pelumas
Memberi pelumas pada bagian yang berpotensi karat. Seperti rantai roda, kabel kopling, kabel gas dan bagian-bagian lainnya yang bergesek.

3. Panaskan Mesin Secukupnya
Memanaskan mesin secukupnya setiap hari, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius. Biasanya memakan waktu sekitar 3-5 menit.

4. Parkir Standar Tengah
Untuk skutik sebaiknya diparkir dengan standar tengah, agar mudah ketika ingin melakukan pemanasan mesin.

5. Hindari dari Sinar Matahari
Jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu cukup lama, simpan ditempat yang terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Lantaran dapat menyebabkan retakan pada kaca speedometer dan dapat membuat warna bodi motor menjadi kusam serta memudar. Bila ada cover motor lebih baik, agar terhindar dari debu.

Jika Anda masih kesulitan menyalakan motor yang sudah lama tersimpan di garasi, segera hubungilah bengkel motor resmi. Selain itu, meski  lama terparkir, Anda juga perlu melakukan servis berkala secara rutin. Agar motor terhindar dari kemungkinan masalah dikemudian hari dan selalu dalam kondisi prima.

SHARE