Alasan Merasa Cemas Setelah Mengonsumsi Alkohol - Male Indonesia
Alasan Merasa Cemas Setelah Mengonsumsi Alkohol
MALE ID | Sex & Health

Pagi hari setelah malam minum berat, Anda bangun, linglung dan bingung, dan anehnya cemas. Anda kemudian mencoba untuk minum air putih. Namun, Anda tidak bisa menghilangkan perasaan gugup yang mungkin terasa berlebihan ini.

Photo by Dave Lastovskiy on Unsplash

Apa yang Anda alami adalah kecemasan akibat alkohol, kadang-kadang disebut kecemasan mabuk atau "kegelisahan". Ada banyak alasan mengapa Anda menderita gejala-gejala ini, terutama jika Anda adalah seseorang yang menghadapi kecemasan saat Anda sadar juga. Mengutip laman Livestrong, berikut alasan mengapa Alkohol menyebabkan Kecemasan.

1. Merusak Otak Anda
Minuman keras dapat membuat Anda merasa bebas dan gembira, tetapi terlalu banyak dapat memiliki pengaruh sebaliknya pada suasana hati dan watak Anda. Alkohol mengganggu bahan kimia, atau neurotransmiter, di otak, kata Ashley Loeb Blassingame, konselor alkohol dan obat bersertifikat dan salah satu pendiri Lionrock , program pemulihan penyalahgunaan zat online.

 
 
Lebih tepatnya, alkohol dapat memengaruhi kadar serotonin Anda, yang bertanggung jawab atas perasaan bahagia dan senang. "Saat alkohol habis, kecemasan meningkat karena tubuh meresponsnya dengan dibius, dan sebagai hasilnya, mencoba menemukan keseimbangan," kata Blassingame. "Hiperaktivitas, yang diciptakan oleh reaksi kimia untuk dibius, menyebabkan peningkatan perasaan cemas dan gelisah."

2. Gejala Hangover Dapat Meniru Kecemasan
Alasan lain alkohol dapat merangsang kecemasan adalah karena dehidrasi dan penurunan gula darah keesokan harinya. Hidrasi dan kadar gula darah yang stabil sangat penting untuk fungsi otak Anda secara umum, jadi ketika keduanya hilang atau terganggu, Anda bisa merasa mudah tersinggung, lelah, mual atau bahkan mengalami jantung berdebar.

"Dalam jangka pendek, alkohol mungkin tampak menenangkan kecemasan, tetapi lebih merusak kesehatan mental dan kesejahteraan dalam jangka panjang," kata Blassingame.

3. 'Hidup' Bisa Membuat Stres
Selain itu, jika Anda minum banyak, Anda bisa mengalami apa yang oleh sebagian orang disebut 'pemadaman', di mana mereka tidak mengingat kejadian malam sebelumnya. Masuk akal jika Anda merasa tidak nyaman keesokan harinya dan khawatir memiliki periode waktu di mana Anda tidak dapat mengingat apa pun.

Masuk akal jika Anda merasa panik saat mencoba mengumpulkan tindakan Anda. Tidak tahu apa yang terjadi atau dengan siapa yang bisa membuat Anda merasa cemas karena alasan yang bagus.

SHARE