Jenis dan Fungsi Helm yang Perlu Anda Tahu - Male Indonesia
Jenis dan Fungsi Helm yang Perlu Anda Tahu
MALE ID | Sport & Hobby

Berkendara sepeda motor wajib menggunakan perlengkapan berkendara seperti Helm, Jaket, Sarung Tangan, dan Masker untuk selalu Cari Aman. Seperti diketahui, helm berfungsi untuk melindungi organ tubuh yang sangat vital yaitu otak kepala apabila terjadi kecelakaan. Helm yang digunakan juga disarankan sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Photo by viklundvisuals on Unsplash

Pengendara motor memiliki sejumlah pilihan jenis helm sesuai dengan selera dan pertimbanganya masing-masing. Pengendara motor perlu mengetahui beragam jenis helm sesuai dengan model dan fungsinya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, pemilihan helm yang tepat juga jadi satu faktor pendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara.

"Untuk itu, diperlukan pemahaman terkait pemilihan helm bagi pengendara mulai dari mencocokan dengan jenis motor, tujuan penggunaan, hingga pemilihan jenis sesuai tujuan berkendara seperti touring, off road ataupun harian," kata Agus Sani dalam keterangan persnya.

Dengan pemilihan yang tepat, lanjut dia, selain keselamatan dipastikan kegiatan bersepeda motor akan makin juga akan menemukan kenyamanannya. 

Jenis helm sendiri terdiri dari helm fullface, modular, open face dan off road. Untuk helm full face, tambah Agus, helm ini merupakan helm yang menutup sempurna bagian kepala hingga wajah.

Dipastikan helm ini maksimal melidungi kepala dan wajah saat terjadi kecelakaan. Helm jenis ini biasa digunakan pengendara motor sport yang identik dengan kecepatan.

"Helm ini juga jadi pilihan terbaik berkendara jauh. Jenis helm ini juga memiliki pelindung bagian rahang, dagu dan pipi," ucap Agus.

"Desain full face terkadang tidak disukai oleh pengendara motor karena sifatnya yang tertutup full sehingga terkesan pengap dan panas. Namun beberapa pabrikan kini telah berikan perubahan pada sistem ventilasi yang lebih baik sehingga lebih nyaman digunakan," ujarnya.

Untuk helm modular, helm jenis ini juga menutup seluruh bagian kepala dan wajah. Perbedaanya terdapat pada bagian chin guard yang bisa dibuka sehingga mempermudah kegiatan telepon ataupun sekedar minum saat perjalanan.

Oleh karena itu, helm ini juga jadi salah satu favorit penggemar touring dan pecinta semi off road. Tapi, helm modular biasanya agak lebih berat dibandingkan dengan helm pada umumnya, sehingga helm ini sering dihindari oleh pengendara untuk aktifitas harian.

Untuk helm open face, helm ini memiliki desain yang terbuk pada bagian depan sehingga tak dilengkapi dengan chin guard. Meski melindungi bagian kepala, bagian wajah menjadi rentan cedera saat kecelakaan terjadi.

Oleh karena itu, ia tak menyarankan helm ini untuk touring atau off road. Bagi para pecinta off road, pengendara bisa menggunakan helm khusus yang hadir dengan chin guard yang lebih besar dan dilengkapi dengan hood untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari atau dari ranting pohon.

SHARE