Agar Jatuh dari Motor tak Sebabkan Cidera Parah - Male Indonesia
Agar Jatuh dari Motor tak Sebabkan Cidera Parah
MALE ID | Sport & Hobby

Bagi pegguna kendaraan roda dua hal berikut ini sangat penting diketahui agar tak mengalami cerdera fatal. Pasalnya setiap pengendara harus siap dengan resiko terjatuh saat mengendarainya.

Photo by Ondrej Trnak on Unsplash

Berkendara motor di jalan raya memang menyenangkan. Bagi penggemar kegiatan touring, berkendara melewati berbagai kelokan jalan, bersama rekan-rekan, tentu memiliki kesan tersendiri. Namun berkendara motor juga memiliki resiko. Sebagai pengendara motor wajib memahami dan mengetahui resiko berada di atas motor, yakni terjatuh dan cidera.

Maka dari itu, untuk meminimalisir dampak cidera yang tak diiinginkan saat tejatuh dari motor,  ternyata ada teknik khusus yang aman. Berikut adalah tips Safety Riding dari PT Astra Honda Motor apabila pengendara motor terjatuh dari sepeda motornya.

Lepaskan Diri dari Sepeda Motor
Pada beberapa kondisi, sepeda motor sudah menjadi kendaraan yang memiliki sisi emosional bagi pengendaranya, bahkan saat terjatuh pun Anda takut kehilangannya. Namun Anda juga harus rasional.

Ketika Anda terjatuh dan masih berpegangan pada sepeda motor atau tidak melepaskannya, justru hal tersebut memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi. Karena pengendara sepeda motor akan beresiko tertimpa, terhantam, atau bahkan mengalami luka bakar jika sepeda motor terbakar.

Selain itu, melepaskan diri dari sepeda motor akan membantu mengurangi momentum Anda dan memberikan kesempatan bagi Anda untuk mulai berguling.

Berguling
Jatuh dengan posisi berguling dapat mengurangi efek dari benturan terhadap permukaan jalan. Lipat tangan di bagian dada dengan posisi memeluk melingkari tubuh. Menunduk dengan dagu menempel pada dada. Saat berguling, arahkan benturan pada bahu bagian belakang, untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap tubuh.

Jangan Langsung Berdiri
Langkah selanjutnya setelah terjatuh, dan yang paling penting, adalah tidak langsung berdiri. Ini berkebalikan dengan yang dilakukan banyak orang yang selama ini terjadi, langsung mengangkat korban kecelakaan di jalan raya untuk dipindahkan ke pinggir jalan.

Setelah terjatuh baiknya diam dulu sejenak. Coba lakukan beberapa gerakan pada tangan dan kaki untuk mengkonfirmasi pada tubuh apakah ada bagian yang terkilir atau patah. Jika langsung bergerak dikhawatirkan akan memperparah cedera yang ternyata didapat dari kecelakaan.

SHARE