Tak Hanya Aksesoris, Berikut Manfaat Kenakan Durag - Male Indonesia
Tak Hanya Aksesoris, Berikut Manfaat Kenakan Durag
MALE ID | Looks

Do-rags atau Durag atau topi bergelombang adalah topi kain ketat yang mengikat di bagian atas kepala. Durag juga dipakai sebagai pilihan busana pembentuk identitas yang populer dalam budaya Afrika-Amerika.

Photo: piqsels.com

Etimologi paling sederhana dari Do-rag adalah dinamai demikian karena merupakan kain yang dipakai untuk melindungi rambut seseorang. Lalu apa manfaatnya? Mengutip laman The Trendspotter, berikut manfaat mengenakan durag.

Mempertahankan Gelombang Rambut
Sebagai salah satu gaya rambut yang paling sulit untuk dipertahankan, gelombang rambut (dalam hal ini pemilik rambut bergelombang) membutuhkan kesabaran dan perawatan ekstra untuk membuatnya tetap terlihat baik. 

Mempertahankan gelombang berarti Anda akan sering menyikat rambut. Sebuah durag mengamankan kelembapan di rambut Anda yang mencegah keriting dan kekeringan.

Membantu Saat Olahraga
Ada beberapa manfaat memakai durag saat berolahraga. Pertama, itu akan menghentikan rambut panjang atau kepang agar tidak mengenai wajah Anda saat Anda bergerak. Ini berarti Anda dapat menyelesaikan rutinitas Anda tanpa gangguan. 

Ini juga dapat mencegah keringat mengalir di dahi Anda, pastikan untuk menambahkan pita penahan keringat untuk mengamankannya di tempatnya. Alhasil akan mempertahankan gaya rambut bahkan saat Anda bergerak sambil menjaga rambut tetap aman.

Menjaga Rambut Tetap Bersih
Selain memperbaiki tekstur rambut, mempertahankan gaya tertentu, dan menjadi pernyataan mode, hiasan kepala ini memiliki manfaat tambahan, yakni menjaga rambut tetap bersih untuk waktu yang lebih lama. Durag tetap dekat dengan kepala, yang dapat membantu mencegah kotoran dan debu menyentuhnya. 

Durag sangat ideal untuk siapa saja yang berolahraga, pergi tidur, atau dalam cuaca panas. Bagi mereka yang mengendarai sepeda, mengenakan durag di bawah helm Anda dapat menjaga gaya rambut Anda tetap utuh dan mencegah minyak dan keringat bersentuhan dengan rambut Anda.

Meluruskan Rambut
Meluruskan rambut adalah proses yang umum tetapi merusak. Seringkali Anda harus menggunakan pengeritingan untuk mempertahankan tampilan. Jika Anda ingin mencegah beberapa kerusakan tetapi menyukai efek lurus, coba kenakan durag. Hiasan kepala dapat digunakan untuk menjaga ujung rambut tetap lurus, artinya Anda dapat memperpanjang perawatan selanjutnya.

Melindungi dari Kerusakan Matahari
Matahari bisa sangat merusak rambut, jagalah dengan durag. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar ruangan tanpa perlindungan, Anda mungkin berakhir dengan kerusakan yang sama pada rambut Anda seperti pengeritingan biasa. 

Hiasan kepala berwarna terang akan memberikan pertahanan paling kuat terhadap sinar matahri, warna yang lebih gelap akan menyerap panas dan melakukan kebalikannya. Ini sangat ideal jika Anda akan berlari, berolahraga, atau hanya menghabiskan waktu bersama teman dan di luar. 

SHARE