Keunikan Ini yang Hanya Ada di Australia - Male Indonesia
Keunikan Ini yang Hanya Ada di Australia
MALE ID | Story

Berlokasi di bagian paling selatan dari Bumi, Australia terletak didekat kutub selatan, maka tidak heran jika benua ini mendapat julukan ‘The Land of The Down Under” atau tempat yang terletak jauh dibawah. Sebutan tersebut merujuk pada letak benua Australia di bagian bawah peta dunia. 

Gambar oleh Anna Mustermann dari Pixabay

Menjadi sebuah benua sekaligus negara, Australia memiliki sejumlah fakta unik. Mengutip dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta unik yang ada di Australia.

Gunung Kekecewaan (Mt. Disappointment)
Gunung yang menyerupai bentuk bukit-bukit berpuncak ini terletak di Victoria, Australia, sekitar 60 kilometer dari Melbourne. Gunung ini terletak tepatnya di hutan daerah Victoria Selatan dengan ketinggian mencapai 800 meter atau 2600 kaki.

Status gunung tersebut dilindungi yang merupakan bagian dari Kinglake National Park sejak tahun 1885 silam. Dalam bahasa Inggris, mereka menyebutnya dengan Mt. Disappoinment atau gunung kekecewaan. 

Negeri Patung Raksasa
Ada 150 patung raksasa di seluruh Australia. Patung-patung itu disebut perangkap turis. Bentuknya macam-macam mulai hewan, makanan, dan benda-benda lain ditempatkan di sepanjang jalan untuk menarik perhatian wisatawan.

Uang Plastik
Sejak 1988, uang kertas Australia dibuat dari plastik polimer khusus. Meskipun lebih sulit diproduksi, uang plastik lebih tahan lama. Fakta menarik lainnya, jika Anda menyobek lembaran 10 dolar menjadi dua bagian, masing-masing lembar dinilai 5 dolar. Masih bisa untuk jajan.

Banyak Spesies Hewan Paling Mematikan
Australia juga dikenal memiliki beragam spesies hewan paling mematikan dan sangat berbahaya bagi manusia. Mulai dari hiu putih besar yang ganas, taupan pedalaman, hingga gurita cincin biru yang bisa membuat manusia mengalami paralisis dengan gigitannya. Paralisis ini dapat mengakibatkan kegagalan fungsi jantung dan organ pernapasan pada manusia yang kena gigitan hewan ini.

Memiliki Makhluk Hidup Terbesar di Dunia
Australia memiliki kumpulan terumbu karang yang membentang luas dan dapat dilihat dari luar angkasa yang diberi nama The Great Barrier Reef. Berdasarkan informasi, bentangan karang di Queensland, timur Australia, ini seluas 348.000 km persegi.

Bahasa Indonesia sebagai Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia ternyata menjadi salah satu mata pelajaran bagi siswa-siswi di Australia. Konon, para siswa lokal memiliki minat yang cukup tinggi untuk belajar Bahasa Indonesia. 

Bahkan ada satu sekolah menengah di Negara Bagian New South Wales yang mengadakan program BRIDGE (Building Relationships through Intercultural Dialogue and Growing Engagement), dimana program ini memungkinkan para siswa lokal untuk belajar dan berinteraksi dengan siswa asal Indonesia sebagai penutur asli.

SHARE