Cara Mengundurkan Diri dari Kerjaan Secara Elegan - Male Indonesia
Cara Mengundurkan Diri dari Kerjaan Secara Elegan
MALE ID | Works

Apakah Anda bersiap untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda saat ini? Beberapa pencari kerja mengalami kesulitan untuk mengundurkan diri. Ini bisa terasa canggung dan penuh kecemasan, terutama jika Anda meninggalkan pekerjaan dan pekerja itu yang Anda cintai.

Photo by Marten Bjork on Unsplash

Aturan paling penting untuk diingat ketika mengundurkan diri dari pekerjaan apa pun adalah pergi dengan kondisi yang baik bila memungkinkan. Kesopanan, etiket, dan profesionalisme sangat membantu. Jadi, sebanyak mungkin Anda ingin memberi tahu atasan atau rekan kerja Anda, Anda tidak boleh membakar jembatan apa pun.

Juga, jangan membual kepada rekan kerja tentang peluang baru Anda yang luar biasa. Perburuan pekerjaan adalah proses yang lucu, dan Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan bertemu dengan mantan atasan Anda dan mantan rekan kerja. Untuk itu, mengutip laman Live Careet, berikut cara mengundurkan diri dari pekerjaan secara elegan.

Waktu
Berikan pemberitahuan yang cukup. Pemberitahuan standar biasanya dua sampai empat minggu, tetapi Anda harus berkonsultasi dengan buku pegangan karyawan Anda jika pimpinan Anda mengharapkan lebih (atau kurang) peringatan dini.

Negosiasi
Pastikan Anda dibayar untuk setiap gaji, liburan, sakit, dan hari-hari pribadi yang belum dibayar, dan pembayaran komisi atau kompensasi lain yang harus dibayar kepada Anda.

Mempekerjakan
Tawarkan untuk membantu pimpinan Anda saat ini dalam menemukan pengganti Anda. Artinya secara sukarela Anda merekomendasikan orang lain untuk menggantikan posisi Anda di tempat kerja yang akan Anda tinggalkan.

Pelatihan
Jadilah relawan untuk melatih pengganti Anda untuk menunjukkan apa saja yang biasanya perlu dikerjakan. Jangan memengaruhi hal buruk pada karyawan baru yang menggantikan posisi Anda di sana.

Bekerja
Jangan menghilang selama minggu-minggu terakhir di tempat kerja. Tetap menjadi anggota tim yang aktif. Hindari mengambil sikap waktu singkat atau menyelaraskan diri Anda dengan rekan kerja yang tidak puas.

Menyelesaikan
Pastikan untuk melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan semua tugas terbuka dan meninggalkan laporan kemajuan terperinci untuk penyelia dan rekan kerja Anda.

Meninggalkan
Sebelum berjalan keluar pintu untuk terakhir kalinya, pastikan Anda memiliki informasi kontak rekan kerja yang ingin Anda pertahankan sebagai bagian dari jaringan kontak Anda, dan pastikan untuk berterima kasih lagi atas dukungan mereka.

SHARE