Membedakan Layanan Streaming dengan Tv Digital - Male Indonesia
Membedakan Layanan Streaming dengan Tv Digital
MALE ID | Digital Life

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menginformasikan istilah TV digital yang masih asing bagi masyarakat Indonesia mengingat penerapan TV digital sudah di depan mata. Walaupun sama-sama menggunakan teknologi digital, siaran TV digital tidak sama dengan TV streaming melalui internet.

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Hingga saat ini, masih banyak orang menyamakan siaran TV digital dengan layanan streaming video yang banyak tersedia saat ini. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda. "Siaran televisi digital ini bebas bayar," kata Direktur Penyiaran, Kementerian Komunikasi dan Informatika Geryantika Kurnia.

Televisi Digital
Siaran televisi digital merupakan siaran televisi teresterial yang biasa dilihat sehari-hari. Hanya saja, siaran televisi digital menggunakan frekuensi digital, bukan lagi analog, seperti yang masih berlangsung saat ini.

Televisi model lama, termasuk antena lama, masih bisa digunakan untuk menangkap siaran televisi digital jika disambungkan ke perangkat bernama set top box. Set top box ini dipasang menghubungkan pesawat televisi dengan antena UHF.

Ia akan mengubah transmisi dari siaran analog ke digital agar bisa ditangkap perangkat televisi analog. Televisi keluaran terbaru pada umumnya sudah bisa menangkan siaran digital sehingga tidak perlu lagi dipasangi set top box.

Layanan Streaming Video
Sama-sama menggunakan teknologi termutakhir, banyak orang sulit membedakan TV digital dan layanan streaming video. Beberapa bahkan menganggap keduanya sama.

Beda TV digital dan layanan streaming video salah satunya terletak pada sistem berlangganan. Layanan streaming pada umumnya mengenakan biaya tertentu untuk berlangganan, tapi tidak dengan TV digital.

Selain itu, layanan streaming yang biasa dinikmati lewat gawai berbasis internet, bukan merupakan siaran televisi digital. Tanpa biaya berlangganan, siaran televisi digital menjanjikan kualitas gambar yang jernih.

Jadi, perbedaan kedua terletak dari penggunaan internet yang dibutuhkan untuk mengakses layanan streaming. TV digital sama sekali tak memerlukan akses internet atau harus menggunakan televisi pintar yang tersambung ke internet.

Ciri-ciri TV Digital
Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa ciri TV digital yang perlu Anda ketahui.

1. Memiliki set top box
Berbeda dengan TV kabel, set top box pada TV digital hanya digunakan sebagai perangkat tambahan untuk TV analog. Nantinya, secara otomatis, set top box bisa menerima siaran TV digital.

2. Memiliki pemancar DVB-T/T-2
Dengan adanya chip DVB-T/T2, maka pesawat televisi bisa menangkap dan menerjemahkan sinyal TV digital menjadi gambar dan suara di televisi. Anda bisa mengecek apakah televisi yang Anda miliki telah dilengkapi dengan chip DVB-T2 dengan melihat spesifikasinya.

3. Kualitas suara dan gambar lebih baik
Kualitas suara dan gambar dipastikan lebih baik dari TV analog karena pancaran sinyal digital yang relatif stabil. Meski beda TV digital dan layanan streaming video tak terlalu kentara, tetap saja keduanya adalah hal yang berbeda.

SHARE