Cara Raih Kebahagiaan dari Uang yang Anda Miliki - Male Indonesia
Cara Raih Kebahagiaan dari Uang yang Anda Miliki
MALE ID | Works

Membelanjakan uang memang bisa menyebabkan kepuasan hidup yang lebih tinggi. Iklan di televisi dan media sosial menyiratkan bahwa jika kita memiliki banyak materi, akan merasa jauh lebih baik.

Male IndonesiaPhoto:Pixabay.com 

Tetapi banyak juga orang percaya bahwa banyak uang dan membeli lebih banyak barang bukanlah jawaban untuk memperoleh kebahagiaan. Yang dimaksud di sini bukan berarti objek fisik tidak mampu mempromosikan kebahagiaan. Misalnya, Anda bisa saja merasa bahagia setelah membeli headphone peredam bising yang mahal.

Jadi dalam hal ini, meskipun uang Anda tidak banyak, tetapi Anda bijaksana menginvestasikannya dalam kehidupan, maka di sanalah Anda akan menemukan arti kebahagian. Penelitian berikut ini, melansir Psychology Today, akan membahas bagaimana cara menggunakan uang yang Anda miliki untuk meraih kebahagiaan.

Kebiasaan Hidup Sehat

Penelitian menemukan bahwa orang dengan pola tidur yang sehat cenderung lebih puas dengan kehidupan. Kebugaran dan nutrisi juga terkait dengan kebahagiaan. Tentu untuk mendapatkan kebiasaan hidup sehat ini perlu mengeluarkan sejumlah uang.

Misalnya, Anda mungkin dapat meningkatkan kualitas tidur Anda hanya dengan membeli kasur atau bantal baru. Jika Anda merasa tidak nyaman pergi ke gym, menyediakan peralatan olahraga di rumah juga dapat membuat Anda bugar. Dan jika Anda terlalu sibuk, menggunakan layanan pengiriman makanan juga dapat mendukung tujuan nutrisi Anda. Uang yang Anda keluarkan untuk menjadi lebih sehat itu secara tidak langsung dapat membuat Anda lebih bahagia.

Menabung

Sebelum Anda membelanjakan uang, pertimbangkan untuk menabung. Meskipun menghabiskan uang tentu menyenangkan, penelitian telah menemukan bahwa menabung juga dapat meningkatkan kebahagiaan kita. Sebuah penelitian di Inggris mengungkap bahwa uang di bank memiliki ikatan yang lebih kuat dengan kepuasan hidup daripada ukuran pendapatan seseorang. Studi ini menguji lebih dari 500 orang berusia 18 hingga 75 tahun.

Menugaskan Orang

Apa tugas yang paling tidak Anda sukai? Mungkin memperbaiki rumah, membeli bahan makanan, atau memandikan hewan peliharaan? Penelitian menunjukkan, membayar orang lain untuk melakukan tugas yang tidak diinginkan itu bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia.

Dalam penelitian itu, peserta diberi $40 untuk dibelanjakan dengan cara yang menyuruh dan membayar orang lain. Peserta lainnya juga $40 untuk melakukan belanja sendiri. Hasilnya jelas, pembelian yang menyuruh dan membayar orang lain terkait dengan kepuasan hidup yang lebih besar, di berbagai tingkat pendapatan.

Membeli Pengalaman

Tahukah Anda bahwa uang yang kita keluarkan untuk pengalaman (misalnya wisata) membuat kita lebih bahagia dalam jangka panjang daripada uang yang kita keluarkan untuk barang-barang materi. Itu karena kita lebih cenderung mengantisipasi pengalaman dan mengingatnya, yang memperluas dampak positif daripada pembelian barang.

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 orang Amerika, peserta diinstruksikan mengingat dua pembelian yang mereka lakukan untuk kebahagiaan mereka. Satu membeli barang/materi dan satu lagi untuk pengalaman.Hasilnya, 57 persen orang melaporkan mendapatkan banyak kebahagiaan dari membeli pengalaman, sementara hanya 34 persen merasa bahagia dari pembelian materi.

Berbagi Pada Orang Lain

Penelitian menyebutkan, menginvestasikan uang dengan cara berbagi untuk kebahagiaan orang lain juga bisa membuat Anda bahagia. Dalam satu kasus, peserta diberi sejumlah uang dan ditugaskan membelanjakannya untuk diri mereka sendiri atau berbagi kepada orang lain.

Kelompok mana yang melaporkan merasa lebih bahagia setelah dilaksanakan? Yaitu peserta yang menggunakan uangnya untuk berbagi kepada orang lain.

SHARE