Bukan Hanya Komunikasi untuk Hubungan Bahagia - Male Indonesia
Bukan Hanya Komunikasi untuk Hubungan Bahagia
MALE ID | Relationships

Bagi kebanyakan pasangan, komunikasi adalah hal paling utama untuk menuju hubungan yang bahagia. Tapi nyatanya, komunikasi tidak ada dalam daftar untuk membuat hubungan itu bahagia. 

Photo by sept commercial on Unsplash

Psikolog John Gottman, Ph.D., dan Julie Gottman, Ph.D., pendiri Institut Gottman tidak mencantumkan komunikasi agar hubungan antar pasangan tetap langgeng dan bahagia. Mengutip laman Mindbodygreen, berikut daftar yang dirinci Gottman untuk menjaga hubungan tetap bahagia.

Kepercayaan dan Komitmen
Secara teknis dua prinsip yang terpisah, tetapi Gottmans menggabungkannya menjadi satu kelompok yang menyeluruh. Faktanya, mereka mengatakan jika Anda menganggap hubungan yang sukses sebagai sebuah rumah, kepercayaan dan komitmen adalah temboknya (alias, tulangnya). 

Komitmen cukup mudah menurut Gottmans, itu adalah fakta sederhana mengetahui Anda berada di jalur seumur hidup dengan pasangan Anda, tanpa menyimpang dari jalur itu. Dalam hal kepercayaan, ini tentang mengetahui bahwa pasangan Anda benar-benar ada untuk Anda.

Peta Cinta
Peta cinta yang dimaksud adalah bagaimana Anda dan psangan benar-benar memahami (dan memetakan) dunia internal pasangan. 

"Apa perasaan mereka, nilai-nilai mereka, kebutuhan mereka, prioritas mereka, momen paling memalukan mereka di masa kanak-kanak, mainan favorit mereka? Ini benar-benar mengajukan pertanyaan untuk terus memperbarui[diri Anda tentang siapa pasangan Anda dan bagaimana mereka berkembang dari waktu ke waktu, dan pasangan Anda melakukan hal yang sama dengan Anda sehingga Anda merasa dikenal," kata Julie.

Kekaguman
Ya, kepercayaan dan komitmen mungkin menjadi landasan hubungan Anda, tetapi bukanlah ide yang buruk untuk mengulangi betapa Anda mencintai dan menghormati satu sama lain. "Anda tidak bisa hanya memikirkannya dan menganggap pasangan Anda tahu karena Anda mengatakannya beberapa kali selama fase awal hubungan, dan mereka harus terus mendengarnya," tambah Julie. 

"Artinya, kecintaan dan kekaguman tidak hanya berarti Anda memiliki perasaaan, tetapi perlu diekspresikan setiap hari, baik dengan kata-kata maupun tindakan," kata Julie.

Manajemen Konflik
Bagaimana Anda berbicara satu sama lain ketika Anda marah atau kesal? Cara paling sehat untuk mengatasi konflik adalah dengan mengganti kritik dan penghinaan dengan deskripsi perasaan dan kebutuhan positif Anda. Contoh: Katakanlah Anda kesal karena pakaian yang dikenakannya kurang menarik. 

Daripada mengkritik mereka, jelaskan apa yang Anda rasakan. Ikuti deskripsi perasaan itu dengan kebutuhan positif apa yang Anda butuhkan agar pasangan Anda bersinar untuk Anda.

Menghormati
Tingkat selanjutnya adalah menghormati mimpi masing-masing. Kedengarannya sederhana, tetapi Julie mencatat bahwa kadang-kadang bisa berhubungan dengan konflik. "Terkadang apa yang kita hadapi terkait dengan mimpi, berbading lurus dengan masalah tertentu," katanya.

Artinya, mimpi-mimpi itu dapat membantu Anda memahami secara mendalam dari mana pasangan Anda berasal saat bertengkar. Dan jika Anda menghormati impian satu sama lain, "kompromi jauh lebih mudah karena ada belas kasih di antara Anda," tambah Julie.

Arti Bersama
Anda tidak harus memiliki tujuan hidup yang sama dengan pasangan Anda, bukan itu yang dikatakan Gottman sama sekali. "Artinya, Anda berbicara tentang tujuan dan makna pribadi Anda dengan pasangan Anda," kata Julie. "Anda membagikannya, Anda berbicara, dan kemudian Anda mencoba mendukung pasangan Anda untuk benar-benar menjalani tujuan hidup itu," tambahnya. 

SHARE