Menikmati Kopi Lokal, Mana Favorit Anda? - Male Indonesia
Menikmati Kopi Lokal, Mana Favorit Anda?
MALE ID | Relax

Kopi lokal khas Nusantara sudah dikenal hingga mancanegara. Cita rasa khas kopi Nusantara yang nikmat cocok banget dipadukan dengan berbagai hidangan. Hal inilah yang membuat kopi asal Indonesia banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Karenanya tak heran pertumbuhan konsumsi kopi nasional terus meningkat. Orang-orang pun semakin pintar lidahnya dalam mengenali jenis kopi sehingga semakin selektif dalam memilih gerai kopi yang akan didatangi. Nah, untuk itu, mana favorit Anda dari jenis kopi lokal di bawah ini?

Kopi Aceh
Berkunjung ke Aceh sambil menikmati pemandangan alam yang memesona usai pandemi mereda, kurang lengkap rasanya tanpa mencicipi kopi khas provinsi paling barat Indonesia ini. Bagi warga Aceh, minum kopi merupakan budaya yang lekat dalam kehidupan sehari-hari.

Di Aceh terdapat dua jenis kopi yang dibudidayakan, yaitu kopi Arabica dan kopi Robusta. Di antara keduanya yang paling terkenal adalah kopi Gayo (Arabica), kopi ini adalah salah satu kopi terbaik di dunia.

Kopi Gayo dari dataran tinggi Gayo tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Kopi Gayo menjadi bagian komoditi ekspor unggulan dari Indonesia yang sudah mendunia. Salah satu karakteristik dari jenis kopi ini yaitu aroma yang kuat dan gurih, serta tingkat keasaman yang rendah.

Kopi Jawa Barat
Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil kopi terbaik, seperti kopi Malabar, kopi Gunung Puntang, kopi Ciwidey, kopi Mekarwangi, hingga kopi Java Cibeber. Bagi Anda pecinta kopi, kopi-kopi asli tanah Pasundan ini sangat wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Barat.

Kopi Ciwidey dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat merupakan salah satu jenis kopi Nusantara yang menjadi primadona di negeri sendiri. Bahkan, kopi Ciwidey pernah mendapatkan predikat sebagai kopi termahal di Indonesia dan tercatat dalam rekor MURI 2017.

Salah satu alasannya, karena kopi Ciwidey memiliki rasa yang cenderung manis saat diminum. Rasa tersebut didapat setelah melewati proses yang cukup panjang, demi mendapatkan biji kopi yang berkualitas.Kopi ditanam dan tumbuh di suhu nan sejuk, membuat cita rasa yang diciptakannya pun tak kalah lezat. 

Kopi Ciwidey mempunyai rasa rempah yang sangat kaya dan aroma yang khas. Ada sensasi harum kacang, wangi bunga, buah, palm sugar, serta sedikit herbal.

Kopi Medan
Jalan-jalan ke Medan, Sumatera Utara usai pandemi jangan sampai tak menikmati keindahan objek wisata dan kulinernya yang lezat. Sambil melepas lelah, Anda mampir saja ke berbagai kopitiam atau kedai kopi yang kebanyakan mengusung desain vintage dengan dominasi perabotan berbahan kayu.

Bagi para penikmat kopi sejati, pasti tahu jenis-jenis kopi terbaik dari Sumatera Utara, seperti kopi Sidikalang, kopi Sipirok, kopi Mandailing, kopi Tarutung,serta kopi Lintong. Nah, salah satu yang sangat digemari, yakni kopi Sidikalang berasal Kabupaten Dairi di Sumatera Utara. 

Kopi Sidikalang menjadi kopi kebanggaan masyarakat Medan. Karakter kopi Sidikalang yang cenderung asam dan tidak begitu pahit membuatnya bisa dinikmati berbagai kalangan. Kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin dengan jenis tanah di wilayah Sidikalang yang subur, mampu menciptakan salah satu kopi terbaik di Nusantara dengan aroma kopi yang khas dan unik. 

Kopi Flores
Kopi asal Nusa Tenggara Timur ini dikenal dengan rasanya yang begitu unik dan khas. Aroma bunga, karamel, dan kacang-kacangan yang semerbak, ditambah sensasi rasa tembakau menjadikan kopi ini sebagai salah satu kopi terunik di Indonesia.

Penyebab kopi arabika dari Flores ini memiliki cita rasa yang unik dikarenakan tempat tumbuhnya berada di dataran Ngada, yaitu dataran dengan jenis tanah vulkanik. Belum lagi ditambah cuaca yang merupakan perpaduan antara iklim tropis Indonesia dengan cuaca Australia, membuat pertumbuhan kopi di daerah ini memiliki hasil yang berbeda dengan daerah lainnya.

Kopi Flores memiliki cita rasa yang khas dengan sensasi manis, cita rasa hazelnut, kacang macademia, cokelat, dan karamel yang berpadu menjadi satu dalam sekali seruput.

Kopi Bali
Selain keindahan alamnya, Bali juga terkenal sebagai salah satu produsen kopi asli Indonesia yang memiliki cita rasa unik. Daerah Kintamani di Bali dikenal dengan wilayah pegunungannya yang sejuk serta danau Batur yang begitu memesona.

Tidak hanya itu, di daerah ini terdapat kopi Bali Kintamani yang begitu diminati oleh banyak kalangan. Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal tersebut terjadi karena kopi khas Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk.

Itulah alasan kenapa biji kopinya memiliki cita rasa buah-buahan seperti jeruk (citrusy). Selain memiliki cita rasa buah, kopi ini juga bercita rasa lembut dan tidak berat.

SHARE