Satu Kesalahan Saat Menggunakan Benang Gigi - Male Indonesia
Satu Kesalahan Saat Menggunakan Benang Gigi
MALE ID | Looks

Jika Anda berhasil menjadikan flossing sebagai bagian dari rutinitas perawatan gigi harian Anda, itu hebat. Hanya 16 persen orang dewasa yang menggunakan benang gigi sekali sehari, menurut survei oleh American Dental Association (ADA).

Photo: Marco Verch Professional/Flickr

Memasukkan seutas benang gigi melalui gigi Anda hanyalah setengah dari pertempuran. Apa yang Anda lakukan dengan benang itulah yang benar-benar penting. Ada cara yang benar dan salah dalam menggunakan benang gigi untuk kesehatan gigi dan gusi. Dan kebanyakan berada di bagian yang salah.

Alasannya, karena kebanyakan orang cenderung menggunakan benang ke atas dan ke bawah. Meskipun ini terasa seperti cara paling intuitif untuk menghilangkan kotoran di antara gigi Anda, metode ini melewatkan banyak kotoran. "Hanya naik dan turun tidak menghilangkan plak yang bersembunyi di garis gusi," kata Zahra Omar, DDS seperti dikutip dari laman Livestrong.

Cara yang Benar Menggunakan Benang Gigi
Bahkan jika Anda menggunakan benang gigi setiap hari, Anda mungkin kehilangan tempat-tempat tertentu. Flossing ke atas dan ke bawah hanya menghilangkan beberapa hal di antara gigi Anda, tetapi mengabaikan sisi gigi Anda dan area di bawah garis gusi di mana plak dapat menumpuk.

Gigi melengkung ke dalam gusi, jadi ketika Anda menggunakan benang gigi, Anda harus mengikuti kontur gigi untuk menghilangkan plak. Cara terbaik untuk masuk ke ruang yang sulit dijangkau itu adalah dengan membuat bentuk C dengan benang Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menggeser tali di sekitar sisi gigi Anda dan di dekat garis gusi Anda.

Untuk teknik flossing yang sempurna, ikuti panduan langkah demi langkah dari ADA ini.

1. Putuskan sekitar 18 inci benang dan gulung sebagian besar di sekitar salah satu jari tengah Anda. Gulung sisa benang di sekitar jari yang sama dari tangan yang berlawanan. Jari ini akan mengambil benang saat menjadi kotor.

2. Pegang benang dengan erat di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda.

3. Arahkan benang ke sela-sela gigi Anda dengan gerakan menggosok yang lembut. Jangan pernah memasukkan benang ke dalam gusi.

4. Saat benang mencapai garis gusi, lengkungkan menjadi bentuk C pada satu gigi. Geser perlahan ke dalam ruang antara gusi dan gigi.

5. Pegang benang dengan erat pada gigi. Gosok sisi gigi dengan lembut, gerakkan benang menjauhi gusi dengan gerakan naik turun. Ulangi cara ini pada sisa gigi Anda. Jangan lupa sisi belakang gigi di belakang mulut Anda.

SHARE