Mengenali Wanita Bertipe Kepribadian INFJ - Male Indonesia
Mengenali Wanita Bertipe Kepribadian INFJ
MALE ID | Relationships

"INFJ" adalah singkatan dari introvert, intuitif, perasaan, dan penilaian dalam penilaian kepribadian populer yang dikenal sebagai Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). 

Photo by sean Kong on Unsplash

Sementara tipe INFJ termasuk dalam kategori "introvert" , mereka sangat penyayang dan mampu membentuk hubungan yang kuat dengan orang-orang yang mereka percayai, sering kali berperan sebagai penolong.

Psikolog De-Andrea Blaylock-Johnson, LCSW , CST mengatakan, orang-orang dengan tipe kepribadian ini dikenal kompleks dan bijaksana, dan mereka memiliki kepedulian yang mendalam untuk melakukan hal yang benar dan membantu orang lain. 

"Mereka kreatif, imajinatif, dan mampu mengubah cita-cita mereka menjadi solusi nyata, mereka bukan hanya pemimpi, mereka adalah pelaku. Selain itu, mereka juga dicirikan oleh kemampuan untuk mengelola emosi dengan logika, memberikan ruang untuk keduanya," ucapnya dalam laman Mindbodygreen.

INFJ Berperilaku dalam Hubungan
Psikolog klinis Kristina Hallett Ph.D., ABPP, menjelaskan, bahwa INFJ menganggap hubungan mereka sangat serius. Tetapi sementara mereka cenderung berinvestasi dalam hubungan, "mereka benar-benar ingin menemukan 'yang tepat' yang akan memungkinkan kedua pasangan untuk tumbuh dan berkembang bersama," ujarnya. 

"Integritas, kejujuran, wawasan, gairah (emosional serta fisik), adalah ciri khas dari kepribadian ini," tambah Kristina.

Wanita tipe ini juga agak perfeksionis. INFJ ingin hubungan mereka menjadi pasangan yang dibuat di "surga". Dan menurut Blaylock-Johnson, ini dapat menyebabkan tantangan dengan konfrontasi dan memiliki harapan yang tidak realistis untuk pasangan mereka (atau bahkan diri mereka sendiri). 

"Sifat introvert mereka mungkin membuat mereka tidak melakukan langkah pertama. Mereka cenderung mencari tanda-tanda pada diri orang yang mendekatinya bahwa orang itu bisa cocok dengannya," ungkap Blaylock-Johnson.

Namun, secara keseluruhan, INFJ peka terhadap kebutuhan pasangannya, pendengar yang penuh perhatian, dan komunikator yang sangat baik. Sadarilah bahwa mereka dapat mengalami kesulitan menerima kritik dan menghadapi konflik, karena mereka cenderung mengambil peran sebagai pembawa damai.

Haruskah INFJ Berkencan dengan INFJ?
Meskipun selalu tergantung pada individu, tidak ada alasan INFJ tidak bisa bergaul dengan INFJ lain dalam hubungan romantis. Faktanya, Hallett menjelaskan, dua INFJ sebenarnya dapat bekerja sama dengan baik sebagai pasangan. Ingat saja, mungkin ada kecenderungan hipersensitivitas.

"Ketika hal-hal baik terjadi, ini bisa tampak seperti kecocokan yang dibuat di surga dengan pemahaman yang benar dan hubungan yang mendalam," katanya. Tetapi ketika masa-masa sulit, "kebalikannya bisa jadi benar, dengan potensi pertahanan diri dan penarikan diri di kedua sisi," tandas Hallett.

SHARE