Penantian David Alaba Dipinang Real Madrid - Male Indonesia
Penantian David Alaba Dipinang Real Madrid
MALE ID | Sport & Hobby

Bek Bayern Muenchen, David Alaba, mengungkapkan alasan di balik keputusannya meninggalkan klub yang telah dibelanya selama 13 tahun itu. David Alaba memutuskan untuk hengkang dari Bayern Muenchen pada akhir musim 2020-2021.

Photo: Granada/Wikipedia

Bek asal Austria itu bakal cabut dari Bayern Muenhen dengan status bebas transfer setelah dia tidak memperpanjang kontraknya yang berakhir pada penghujung musim 2020-2021.

Alaba membuat lebih dari 400 penampilan untuk Bayern Munich sejak 2010, memenangkan 27 penghargaan termasuk sepuluh gelar Bundesliga dan dua gelar Liga Champions UEFA pada 2013 dan 2020, keduanya sebagai bagian dari treble.

Real Madrid Sudah Jadi Tujuan
David Alaba mengaku sedari awal memang ingin bergabung dengan Real Madrid. Alaba mengatakan, Real Madrid selalu berada di urutan pertama dalam prioritasnya.

"Tidak ada pilihan lain untuk saya. Real Madrid selalu berada di urutan teratas. Ketika tawaran itu datang, saya segra tahu bahwa saya ingin bergabung," ujar Alaba seperti dilansir situs resmi Real Madrid.

Dalam negosiasinya, Alaba setuju dengan tawaran lima tahun kontrak yang diajukan Real Madrid. Bersama klub barunya, Alaba akan memakai nomor 4, warisan Sergio Ramos.

Real Madrid menjadi tak asing untuk Alaba. Pasalnya, Los Galacticos kini dilatih oleh Carlo Ancelotti yang juga pernah menukangi Munchen. "Saya sangat antusias bekerja lagi dengan Ancelotti. Saya tahu dia sewaktu di Bayern. Hubungan kami fantastis dan saya bersemangat sekali bahwa kami bisa bekerjasama sekali lagi," tuturnya.

Di sisi lain, Alaba juga mengaku mengapa dia memilih untuk menyudahi kiprahnya bersama Bayern Muenchen. Salah satu alasannya adalah karena dia ingin terus tumbuh dan berkembang sebagai pemain sepak bola, dan menurut Alaba dia tidak mungkin mendapatkan pengalaman itu jika tetap tinggal di zona nyamannya di Bayern Muenchen.

"Untuk tumbuh, Anda harus meninggalkan 'zona nyaman' Anda," kata Alaba seperti tertulid dalam laman resmi Bayern Muenchen. "Saya sengaja meletakkan kata itu di tanda petik karena kata itu mungkin bisa disalahpahami. Sebab, di FC Bayern, ekspektasi di lapangan selalu ekstrem dari manajemen, di ruang ganti, atau dari diri Anda sendiri."

"Saya pikir begitu, mungkin Anda harus pergi ke tempat yang tidak diketahui untuk bisa menjadi dewasa lagi," tutur Alaba menambahkan. 

Lebih lanjut, Alaba mengungkapkan bahwa pergi dari Bayern Muenchen adalah murni keputusannya. "Itu bukanlah keputusan melawan klub," tutur Alaba. "Akan tetapi, saya memutuskan saya ingin melakukan sesuatu yang baru dan mengambil langkah maju," tambahnya.

Nilai Transfer
piegel dan Sport Bible mengungkapkan bahwa bek David Alaba bakal memperoleh pendapatan 100 juta pound (Rp 2 triliun) selama di Santiago Bernabeu. Alaba akan mendapatkan gaji 376 ribu pound (Rp 7,5 miliar) per pekan selama lima tahun sehingga setara dengan total 98 juta pound (Rp 1,9 triliun). 

Dia juga mendapatkan fee transfer sebesar 15,1 juta pound (Rp 303 miliar), sedangkan agennya, Pini Zahavi, memperoleh komisi 4,4 juta pound (Rp 88 miliar). Keluarga David Alaba juga diberi 5,4 juta pound (Rp 108 miliar), sehingga total biaya yang dikeluarkan Madrid mencapai 122,9 juta pound (Rp 2,46 triliun).

SHARE