Cabang Olahraga Pertama Paralympic dan Sejarahnya - Male Indonesia
Cabang Olahraga Pertama Paralympic dan Sejarahnya
MALE ID | Sport & Hobby

Selama bertahun-tahun lamanya, ajang paralympic atau Paralimpiade digelar sebagai salah satu wadah bagi para atlet dengan berbagai macam keterbatasan fisik agar tetap bisa bertanding di event olahraga, apa pun kondisinya.

Gambar oleh Pexels dari Pixabay 

Menurut Paralympic.org, klub olahraga pertama untuk tuna rungu sudah ada pada tahun 1888 di Berlin. Paralimpyc diperkenalkan secara luas tidak sampai setelah Perang Dunia II. Tujuannya saat itu adalah untuk membantu sejumlah besar veteran perang dan warga sipil yang terluka selama masa perang.

Atas pemerintah Inggris, Dr. Ludwig Guttmann membuka pusat cidera tulang belakang pada tahun 1944 di Rumah Sakit Stoke Mandeville di Inggris. Pada saat itu olahraga yang digunakan sebagai rehabilitasi berkembang menjadi olahraga rekreasi, yang hingga akhirnya menjadi sebuah kompetisi.

Pada tanggal 29 Juli 1948, tepatnya saat hari pembukaan Olimpiade London 1948, Dr. Guttmann pun menyelenggarakan kompetisi pertama untuk atlet kursi roda yang ia beri nama Stoke Mandeville Games.

Peristiwa ini pun jadi tonggak dalam sejarah Paralimpiade. Ada 16 prajurit pria dan wanita yang terluka yang ikut serta dalam olahraga memanah.Stoke Mandeville Games kemudian menjadi Paralympic Games

Pada tahun 1960 acara tersebut diadakan pertama kali di Roma dengan menampilkan 400 atlet dari 23 negara. Sejak saat itu acara tersebut digelar setiap empat tahun sekali.

Paralimpiade pada musim dingin pertama dalam sejarah diadakan pada tahu 1976 di Swedia. Paralimpiade yang dilaksanakan pada musim dingin ini sama halnya dengan yang dilakukan pada saat musim panas, termasuk upacara pembukaan dan penutupan Paralimpik. 

Sejak Paralimpiade musim panas di Seoul, Korea tahun 1988, serta pada tahun 1992 yaitu Paralimpiade musim dingin di Albertville, Perancis.

Seperti halnya Olimpiade Musim Panas, telah berlangsung setiap empat tahun, dan termasuk Upacara Pembukaan Paralimpyc dan Upacara Penutupan Paralimpyc. Selain itu, pada tahun 1960 dengan pengawasan Federasi mantan tentara, sebuah kelompok kerja internasional untuk olahraga penyandang cacat dibentuk. 

Hal tersebut bertujuan untuk mempelajari masalah-masalah olahraga bagi para penyandang cacat. Berdasarkan hal tersebut, Organisasi Olahraga Internasional untuk Penyandang Cacat yaitu International Sport Organisation for the Disabled (ISOD) pada tahun 1964 menawarkan kesempatan kepada para atlet yang tidak dapat berafiliasi dengan Internasional Stoke Mandevile Games seperti orang-orang dengan gangguan penglihatan, diamputasi, atau orang-orang yang mengalami kelumpuhan dan kelumpuhan otak.

Kata “Paralympic” merupakan kata yang berasal dari kata depan Yunani yaitu “para” yang berarti di samping, serta kata “Olimpiade. Hak terebut menunjukkan bahwa Paralympics merupakan permainan paralel untuk ajang Olimpiade, sehingga terlihat bahwa kedua gerakan acara tersebut saling berdampingan.

Kata "Paralimpik" berasal dari kata depan Yunani "para" (di samping atau di samping) dan kata "Olimpiade". Maknanya adalah bahwa Paralympics adalah Permainan paralel untuk Olimpiade dan menggambarkan bagaimana kedua gerakan itu hidup berdampingan.

SHARE