Apakah Kencan Kasual Baik untuk Hubungan? - Male Indonesia
Apakah Kencan Kasual Baik untuk Hubungan?
MALE ID | Relationships

Ilmuwan hubungan mendefinisikan kencan kasual sebagai kencan dan perilaku seksual di luar hubungan romantis jangka panjang, dan menggambarkannya sebagai strategi hubungan umum di antara remaja dan dewasa muda. 

Photo by Muhammadh Saamy on Unsplash

Kencan santai tidak sama dengan pacaran, meskipun mereka memiliki banyak kesamaan. Kencan kasual menyiratkan keinginan untuk mempertahankan hubungan, meskipun itu dianggap kasual. Menghubungkan, di sisi lain, tidak selalu menuntut komitmen emosional pada tingkat apa pun.

Dengan kata lain, kencan kasual adalah berkencan dengan seseorang dan mungkin berhubungan seks dengan mereka ketika Anda tidak bertunangan, menikah, atau dalam komitmen jangka panjang.

Mengutip laman Verywellind, psikolog hubungan dan sosiolog telah lama percaya bahwa kencan biasa dan hidup bersama sebelum menikah menyebabkan tingkat perceraian yang lebih tinggi dikemudian hari.

Efek umum lainnya yang dikaitkan dengan kencan kasual adalah bahwa hubungan kasual yang tidak berkomitmen ini kurang memuaskan daripada hubungan yang lebih tradisional dan berkomitmen.

 
 
Penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Human Sexuality menemukan bahwa meskipun kepuasan seksual lebih tinggi pada orang yang menikah, bertunangan, atau hubungan eksklusif, masih ada hubungan positif antara kencan kasual dan kepuasan seksual. Kencan kasual tidak mengarah pada kehidupan seks yang tidak bahagia.

Bagaimana dengan kepuasan umum dengan hubungan secara keseluruhan? Gambar menjadi sedikit lebih rumit di sini. Jika Anda tidak mengharapkan masa depan dengan orang yang Anda kencani, kepuasan hubungan Anda akan lebih rendah daripada hubungan seks yang Anda jalani.

Jika Anda benar- benar berharap bahwa hubungan kencan kasual Anda akan berubah menjadi sesuatu yang lebih jangka panjang, maka kepuasan Anda akan sama dengan kepuasan pasangan yang tinggal bersama atau menikah. Itu semua tergantung pada apakah Anda merasa hubungan itu akan segera berakhir atau dalam bahaya.

Secara keseluruhan, jika ekspektasi dan sikap Anda terhadap kencan kasual adalah positif, kemungkinan besar Anda akan senang dengan hubungan dan kehidupan seks Anda.

Kencan Kasual dalam Perkembangan Hubungan
Jika Anda tidak berpikir bahwa kencan biasa itu salah atau tidak bermoral, kemungkinan besar Anda akan menemukan hubungan semacam ini memuaskan. Yang lebih menarik, para peneliti mulai mempertimbangkan kencan kasual sebagai langkah dalam hubungan progresif yang akhirnya mengarah pada komitmen jangka panjang atau pernikahan.

Dengan kata lain, kencan kasual cenderung menjadi langkah awal menuju kemitraan jangka panjang. Hubungan ini sering dimulai dengan pertemuan atau bahkan pacaran. Kedua orang itu mungkin mulai berkencan, mungkin tidak secara eksklusif pada awalnya. Jika ada kecocokan, orang kemudian cenderung menjadi eksklusif, tinggal bersama, dan akhirnya berkomitmen untuk jangka panjang.

Perbedaan antara kencan kasual hari ini dan gaya kencan generasi sebelumnya adalah bahwa sekarang, kencan kasual lebih terbuka melibatkan seks di luar pernikahan. Hal ini mungkin mengapa yang lebih tua, kelompok yang lebih konservatif cenderung mengecam kencan kasual. Namun, karena seks bebas di luar nikah diterima secara luas di masyarakat modern, sikap ini kurang berpengaruh dibandingkan dulu.

SHARE