Ini Maksud Pesan “pembaruan keamanan” di G-Drive - Male Indonesia
Ini Maksud Pesan “pembaruan keamanan” di G-Drive
MALE ID | Digital Life

Pembaruan keamanan akan diterapkan ke Google Drive. Jika Anda mengunjungi drive.google.com, Anda juga akan melihat pesan yang mengatakan, "Pada 13 September 2021, pembaruan keamanan akan diterapkan ke beberapa file Anda". Anda bahkan dapat melihat daftar file yang terpengaruh, yang semuanya mendapatkan "pembaruan keamanan" yang tidak ditentukan. Jadi, semua ini tentang apa?

Photo by Firmbee.com on Unsplash

Google mengubah cara kerja berbagi konten di Drive. File Drive memiliki dua opsi berbagi: daftar izin satu orang (tempat Anda berbagi Google Dokumen dengan akun Google tertentu) dan opsi "dapatkan tautan" (tempat siapa pun yang memiliki tautan dapat mengakses file). 

Opsi "dapatkan tautan" bekerja dengan cara yang sama seperti video YouTube yang tidak terdaftar. Hal ini tidak benar-benar pribadi, tetapi secara teoritis, juga tidak cukup umum, karena tautan tersebut perlu dipublikasikan di suatu tempat. Tautan berbagi rahasia benar-benar hanya keamanan melalui ketidakjelasan, dan ternyata tautan itu sebenarnya dapat ditebak .

Bersamaan dengan Drive, Google juga mengubah cara kerja tautan YouTube yang tidak terdaftar, dan halaman dukungan YouTube sebenarnya menjelaskan perubahan ini lebih baik daripada Drive.

 
 
"Pada tahun 2017, kami meluncurkan pembaruan pada sistem yang menghasilkan tautan YouTube Tidak Terdaftar baru, yang mencakup peningkatan keamanan yang membuat tautan untuk video Tidak Tercantum Anda semakin sulit ditemukan oleh seseorang jika Anda belum membagikan tautan tersebut dengan mereka," seperti tertulis dalam laman Ars Techica.

Google mengetahui tentang masalah tautan rahasia yang dapat ditebak untuk sementara waktu dan mengubah cara kerja pembuatan tautan pada tahun 2017 (mungkin juga untuk Drive?). Tentu saja, itu tidak memengaruhi tautan yang telah Anda bagikan di masa lalu, dan Google akan segera meminta tautan lama Anda untuk diubah, yang dapat merusaknya. 

Skema tautan baru Google menambahkan "kunci sumber daya" di akhir tautan Drive bersama, membuatnya lebih sulit ditebak. Jadi tautan yang dulu terlihat seperti "https://drive.google.com/file/d/0BxI1YpjkbX0OZ0prTHYyQ1U2djQ/" sekarang akan terlihat seperti "https://drive.google.com/file/d/0BxI1YpjkbX0OZ0prTHYyQ1U2djQ/view? resourcekey =0-OsOHHiQFk1QEw6vIyh8v_w." Kunci sumber daya membuatnya lebih sulit untuk ditebak.

Jika Anda menuju ke drive.google.com/drive/update-drives di browser, Anda seharusnya dapat melihat daftar file yang terpengaruh, dan jika Anda mengarahkan mouse ke atasnya, Anda akan melihat tombol di sebelah kanan untuk menghapus atau menerapkan pembaruan keamanan. 

"Diterapkan" berarti kunci sumber daya akan diperlukan setelah 13 September 2021, dan (kebanyakan) akan merusak tautan lama, sementara "dihapus" berarti kunci sumber daya tidak diperlukan dan tautan apa pun di luar sana harus tetap berfungsi.

YouTube telah melalui proses ini di awal bulan, dengan semua tautan tidak terdaftar sebelum 2017 akan mati, kecuali jika pemilik video masih aktif di YouTube dan memilih keluar. Drive melakukan ini dengan sedikit kemahiran daripada YouTube. Berkat berbagi berbasis akun, siapa pun yang pernah mengakses tautan Drive Anda yang tidak terdaftar akan tetapdiberikan akses ke mereka, bahkan jika Anda meningkatkan keamanan. 

Namun, tidak ada orang baru yang dapat mengakses tautan lama yang ditingkatkan. Dengan cara ini, jika Anda memiliki komunitas stabil yang menggunakan file tidak terdaftar, sebagian besar seharusnya dapat terus berjalan. Namun, setiap anggota baru akan dikunci dan perlu meminta akses. 

Jika Anda tidak menginginkan ini, kapan saja pemilik file dapat menekan tombol "bagikan" dan mengubah pengaturan untuk membuat tautan baru atau mematikan tautan sama sekali.

Tidak membiarkan pihak ketiga membuat daftar semua file Anda yang tidak terdaftar adalah hal yang baik, tetapi jangan bingung mengubah tautan ini dengan keamanan yang sebenarnya. Anda tidak boleh membagikan apa pun melalui fitur "tidak terdaftar" atau "dapatkan tautan" di YouTube, Drive, atau Google Foto jika Anda benar-benar ingin menjadikannya pribadi. 

Tautan rahasia hanyalah keamanan melalui ketidakjelasan, dan bahkan dengan peningkatan versi Google, tautan tersebut tidak boleh dianggap aman atau tidak dapat ditemukan. Pengaturan ini benar-benar baik untuk dokumen biasa, tetapi selalu berasumsi bahwa siapa pun di dunia dapat membaca file "tidak terdaftar". 

Jika Anda setuju dengan itu, baiklah. Tetapi jika tidak, gunakan opsi berbagi berbasis akun pribadi Google yang sebenarnya.

SHARE