Manfaat Mandi Malam Bagi Kesehatan dan Penampilan - Male Indonesia
Manfaat Mandi Malam Bagi Kesehatan dan Penampilan
MALE ID | Sex & Health

Para ahli dermatologi merekomendasikan agar kita menghabiskan sekitar 5-10 menit sehari di kamar mandi. Kita pun dianjurkan sedikitnya mandi 2 kali sehari, pagi dan sore. Sementara beberapa orang ada yang lebih suka mandi di malam hari.

Male IndonesiaPhoto:Pixabay.com

Kapan waktunya Anda mandi tergantung pada preferensi pribadi Anda sendiri. Mereka yang memilih melakukannya di malam hari, ternyata bisa menuai lebih banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Tetapi ini tidak dianjurkan bagi penderita rematik, meski banyak ahli berpendapat penyebab rematik bukan karena mandi malam. Berikut ini alasan mengapa mandi malam dapat bermanfaat bagi kesehatan dan penampilan Anda, dilansir dari di Bright Side.

Membantu Cepat Tidur

Mandi malam membuat tubuh dan pikiran Anda rileks. Ketika Anda melakukannya pada waktu yang tepat, itu juga dapat memberi Anda tidur yang lebih baik. Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu Anda tertidur sekitar 10 menit lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Baik untuk Kulit

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu mencegah jerawat. Rambut dikulit Anda mengumpulkan bakteri sepanjang hari hingga menumpuk. Saat kepala Anda menyentuh bantal, semua kotoran tersebut berpindah ke sarung bantal Anda, dan kemudian ke wajah Anda. Karena kulit beregenerasi saat kita tidur, maka tidur dengan kulit bersih dan segar juga berarti sel-sel kulit baru Anda akan sehat.

Redakan Alergi Musiman

Jika Anda menderita alergi musiman, mandi malam dapat membantu meringankan gejalanya. Berada di luar rumah berarti alergen, seperti serbuk sari dan debu, masuk ke kulit dan pakaian Anda, itu mungkin berakhir di tempat tidur Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan ke kamar mandi esok paginya, maka pertimbangkan juga untuk mandi malam sebelumnya agar terhindar dari gejala yang tidak menyenangkan.

Rambut Lebih Sehat

Jika Anda mencuci rambut di malam hari, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk membiarkannya mengering secara alami. Ini akan membuat rambut Anda berkilau dan bergoyang lebih lama, karena membantu mengunci kelembapan. Beda jika Anda keramas dan mengeringkan rambut dengan cepat di pagi hari, ini dapat merusak helaian rambut, membuatnya lemah dan kusam.

Kurangi Keringat Berlebih

Meskipun mandi pagi adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi aktivitas seharian, mandi di malam hari sebenarnya dapat membantu Anda mencegah bau badan. Mandi air dingin sebelum tidur dapat membantu mengurangi keringat malam yang diderita banyak orang.

Cegah Kram Otot

Beberapa orang berpendapat jika mandi malam bisa memicu rematik. Sedangkan yang lainnya justu merasa, jika otot terasa nyeri dan pegal setelah seharian bekerja, mandi air hangat dapat membantu meredakan sensasi tidak menyenangkan itu. Karena saat air hangat mengenai tubuh Anda, akan membantu menenangkan ketegangan otot dan meningkatkan tidur malam menjadi lebih baik. Mandi air hangat juga dapat mencegah kram kaki di malam hari, kondisi umum ini bisa mempengaruhi hingga 60 persen gejala tersebut.

SHARE