Ini Gejala Anda Tidak Sesehat yang Anda Kira - Male Indonesia
Ini Gejala Anda Tidak Sesehat yang Anda Kira
MALE ID | Sex & Health

Mungkin rambut Anda banyak yang rontok dalam beberapa bulan terakhir, atau Anda sering merasa lelah. Mungkin pasangan Anda sering menuding mulut Anda bau, atau libido Anda rendah. Terkadang ada alasan tidak berbahaya untuk kejadian sehari-hari ini.

Male IndonesiaPhoto:Unsplash .com

Tetapi mungkin juga ada sesuatu yang serius terjadi pada tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa tanda tersembunyi yang mengungkap bahwa Anda mungkin tidak sesehat yang Anda kira. Jika salah satu dari gejala di bawah ini bertahan di tubuh Anda, maka jangan abaikan terlalu lama.

Rambut Sering Rontok

Kerontokan antara 50 dan 100 helai rambut per hari adalah normal. Tetapi jika Anda kehilangan lebih dari itu, maka harus menghubungi dokter Anda.

“Rambut rontok bisa menjadi konsekuensi normal dari penuaan, faktor keturunan terutama untuk pria, atau perubahan hormon, tetapi juga bisa diakibatkan oleh kondisi medis," kata Dr Albert Wu, dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore, dilansir dari Reader's Digest.

Menurut dia, itu termasuk infeksi kulit kepala, gangguan tiroid, gangguan kekebalan, dan peristiwa traumatis yang tiba-tiba. Selain itu, obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kerontokan rambut termasuk beberapa tanda untuk gejala kanker, radang sendi, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung.

 
 
Sering Lelah

Jika Anda selalu merasa lelah dan lesu (tidak peduli berapa jam Anda menutup mata), ada baiknya berbicara dengan dokter. Tidak seperti kantuk, yang merupakan kebutuhan untuk tidur, kelelahan adalah kekurangan energi dan motivasi. Ini bisa menjadi respons normal terhadap kurang tidur, banyak aktivitas fisik, stres, atau bahkan kebosanan. Namun kelelahan juga bisa menjadi pertanda sejumlah masalah kesehatan.

Kurang tidur dan banyak konsumsi obat dapat menyebabkan kelelahan sementara. Tetapi kelelahan yang terus-menerus bisa dikarenakan sejumlah kondisi serius termasuk anemia, penyakit ginjal kronis, penyakit hati, kanker, gangguan tiroid, infeksi kronis, dan kondisi rematik. Itu juga bisa disebabkan oleh depresi dan gangguan kecemasan.

Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis adalah alasan paling umum untuk rujukan gigi, setelah kerusakan gigi dan penyakit gusi, menurut tinjauan studi yang diterbitkan di The Open Dentistry Journal. Pelakunya bisa jadi karena bawang yang Anda konsumsi pada makanan terakhir Anda. Namun terkadang bau mulut merupakan pertanda dari sesuatu yang lebih serius.

Biasanya disebabkan oleh bakteri pada gigi dan lidah Anda, bau mulut dapat dikaitkan dengan kebiasaan menyikat gigi yang buruk, atau masalah seperti mulut kering, radang gusi, atau periodontitis. Dalam beberapa kasus, sinusitis, bronkitis, radang amandel, dan beberapa masalah pencernaan juga dapat memicu bau mulut.

Libido Rendah

“Ini adalah keluhan umum yang saya dapatkan dari wanita, tetapi semakin sering terjadi pada pria. Wanita kewalahan dan kelelahan, dan karena libido terikat pada emosi, kita melihat libido turun jika ada keterputusan dari diri mereka sendiri atau pasangan mereka,” kata Dr Tasneem Bhatia, spesialis pengobatan integratif di Atlanta.

Sedangkan untuk pria, Dr Bhatia menyalahkan apa yang disebutnya “estrogenisasi pria” yang terjadi ketika ada konvergensi stres tinggi, kebiasaan gaya hidup yang sangat buruk, dan penambahan berat badan. Akibatnya, hampir seperti pria menurunkan kadar testosteron mereka lebih cepat daripada sebelumnya dan itu memengaruhi libido mereka. Memiliki libido yang rendah bisa sangat normal, tetapi juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, depresi, atau obat-obatan tertentu.

SHARE