Siap-Siap, Google Bakal Matikan Android Jadul - Male Indonesia
Siap-Siap, Google Bakal Matikan Android Jadul
MALE ID | Digital Life

Google telah mulai mengirim email kepada pengguna perangkat Android yang sangat tua alias jadul untuk memberi tahu pengguna bahwa sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal.

Photo by Denny Müller on Unsplash

Mulai 27 September, perangkat yang menjalankan Android 2.3.7 dan yang lebih rendah tidak lagi dapat masuk ke layanan Google, yang secara efektif mematikan sebagian besar pengalaman Android on-rails. 

Seperti yang Google tulis di pos komunitas resmi, "Jika Anda masuk ke perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau sandi saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, YouTube, dan Maps."

Android adalah salah satu sistem operasi paling berbasis cloud yang pernah ada. Terutama di versi yang lebih lama, banyak aplikasi dan layanan yang disertakan terkait dengan login Google Anda, dan jika itu berhenti berfungsi, sebagian besar ponsel Anda akan rusak.

Sementara Android dapat memperbarui banyak komponen inti tanpa mengirimkan pembaruan sistem penuh hari ini, Android 2.3.7 Gingerbread, dirilis sekitar 10 tahun yang lalu, tidak begitu modular.

Aplikasi Google individual mulai dapat diperbarui melalui Android Market/Play Store, tetapi masuk ke Google masih merupakan layanan tingkat sistem dan terhenti tepat waktu. Layanan Google apa pun yang ingin mengizinkan masuk dari versi tersebut harus sesuai dengan standar keamanan era 2011, yang berarti mematikan otentikasi dua faktor (2FA) dan mengaktifkan pengaturan khusus  izinkan akses yang kurang aman" di akun Google Anda. 

Mengutip laman Ars technica, Google menunjukkan perincian basis pengguna aktif untuk versi Android di Android Studio, dan Gingerbread memiliki jumlah perangkat yang sangat rendah sehingga bahkan tidak masuk dalam daftar. Ini kurang dari 0,2 persen perangkat aktif, di belakang 14 versi Android lainnya. 

Pengguna perangkat lama ini masih dapat melakukan sideload toko aplikasi pihak ketiga dan menemukan pengganti untuk semua aplikasi Google, tetapi jika Anda adalah pengguna teknis dan tidak dapat memperoleh perangkat baru, ada kemungkinan Anda dapat memuat yang baru sistem operasi dengan ROM Android aftermarket.

Setelah 27 September, versi Android tertua yang dapat Anda gunakan adalah Android 3.0 Honeycomb, yang hanya untuk tablet. OS ini masih belum modular, tetapi Google menyadari bahwa pembaruan keamanan login akan mulai menjadi masalah di masa mendatang, dan Honeycomb menambahkan opsi "masuk melalui browser" ke pengaturan awal. 

Login Android yang dikodekan dengan keras masih dapat dilanggar, tetapi "masuk melalui browser" akan mengarahkan Anda ke halaman web yang dapat diperbarui dengan teknologi yang lebih baru dan kemudian dapat meneruskan login tersebut ke OS. 

Itu masih belum cukup untuk menyelamatkan Honeycomb dari penunjukan "aplikasi yang kurang aman" dan tidak bekerja dengan baik dengan 2FA, tetapi itu cukup untuk menjaga agar OS tetap berjalan untuk saat ini.

Seperti diketahui, ini bukan pertama kalinya Google mematikan versi Android yang lebih lama karena keamanan login yang lebih tinggi. Aplikasi era Android 1.0 telah rusak selama bertahun-tahun. 

SHARE