Cara Mudah Hilangkan Benjolan Akibat Pisau Cukur - Male Indonesia
Cara Mudah Hilangkan Benjolan Akibat Pisau Cukur
MALE ID | Looks

Merawat rambut wajah alias jenggot sering menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari pria, tetapi benjolan yang Anda dapatkan setelahnya tidak seharusnya terjadi. Banyak hal yang dapat menyebabkan iritasi dan kejengkelan kulit, tetapi jika Anda tahu, itu dapat dengan mudah diperbaiki. 

Photo by Supply on Unsplash

Benjolan kecil yang mengganggu Anda setelah bercukur biasanya disebabkan oleh rambut yang tumbuh kembali secara tidak benar. Ini juga bisa menjadi hasil dari menarik kulit saat Anda melewati pisau cukur, melawan arah serat atau menggunakan pisau tua. 

Kesalahan ini membuat kulit Anda merah, bernoda dan gelisah. Anda dapat menemukan ruam pisau cukur dalam bentuk benjolan atau jerawat yang menonjol, dan ini biasanya merupakan efek dari perawatan, waxing, atau tweezing. Mengutip laman Thetrendspotter, berikut ini cara menghilangkannya.

Teknik Mencukur
Mencukur dengan benar adalah keterampilan, dan setelah Anda menguasainya, Anda cenderung tidak mengalami iritasi kulit. Pada lintasan pertama dengan pisau cukur, selalu mencukur sepanjang butiran rambut. Ini mencegah pembentukan folikel yang tumbuh ke dalam. 

Untuk trim yang lebih dekat, Anda bisa pergi ke arah yang berlawanan. Namun berhati-hatilah karena hal ini dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya ruam, dan tidak disarankan jika Anda memiliki kulit sensitif.

Beristirahat di Antara Mencukur
Terkadang cara terbaik untuk menghindari iritasi kulit adalah dengan beristirahat dari rutinitas harian. Membiarkan permukaan bernafas memudahkan agitasi dan memungkinkan ruam untuk menetap. Dengan cara ini, Anda akan memiliki waktu agar rambut wajah tumbuh kembali sedikit, mencegah munculnya rambut yang tumbuh ke dalam.

Untuk hari-hari di mana Anda melewatkan rutinitas bercukur, lanjutkan eksfoliasi, bersihkan dan lembapkan area tersebut. Hal ini memungkinkan sel untuk meremajakan dan mencegah kejengkelan di masa depan.

Kompres dengan Air Hangat dan Dingin
Merangsang folikel dengan menerapkan kompres sebelum bercukur. Ketika pori-pori Anda terkena suhu dingin atau hangat, pori-pori terbuka dan membiarkan rambut duduk dengan bebas. 

Ambil handuk tangan yang lembut dan rendam dalam air panas, lalu letakkan di area yang ingin Anda potong. Anda juga dapat menggunakan teknik ini dengan es batu, karena memberikan hasil yang sama.

Rutinatas Mencukur
Untuk menghentikan ruam pisau cukur di jalurnya, ikuti rutinitas yang benar. Sebaiknya mandi sebelum Anda mulai, karena akan membuka dan melembutkan pori-pori Anda. Sebelum Anda mulai memangkas, rilekskan rambut dengan gel, krim, atau losion, ini membuatnya lebih mudah dipangkas. 

Beli Alat Cukur yang Baik
Jika Anda mengalami ruam atau luka bakar setelah perawatan, ada kemungkinan Anda menggunakan pisau cukur yang tumpul atau kotor. Pisau tumpul akan memotong Anda lebih dari yang tajam, meninggalkan Anda dengan permukaan yang rusak. 

Alat manual mengambil lapisan kulit dengan setiap gesekan, yang sering dapat menyebabkan iritasi, jadi sebaiknya gunakan pencukur listrik dalam gerakan berputar untuk hasil akhir yang halus dan tidak terlalu parah.

SHARE