Seberapa Buruk Minum Kopi Saat Perut Kosong? - Male Indonesia
Seberapa Buruk Minum Kopi Saat Perut Kosong?
MALE ID | Sex & Health

Kopi adalah bagian integral dari ritual harian saat ini dan sering kali menjadi hal pertama yang ditaruh di bibir di pagi hari. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum secangkir kopi dengan perut kosong (didefinisikan sebagai dua jam sebelum atau setelah Anda makan, menurut National Institutes of Health ) bukanlah ide terbaik.

Photo by Chris Benson on Unsplash

Jika Anda menyeduh panci saat mata Anda terbuka di pagi hari, atau selepas WFH atau pulang kerja di sore hari saat perut terisi karena kesibukan, lalu ingin menyesap kopi, lebih baik pergi mencari makanan lebih dahulu. Sebab, mengutip laman Livestrong, berikut hal buruk terhadap kesehatan yang akan terjadi jika Anda ngopi dengan perut kosong.

Gula Darah Melonjak
Sebuah studi kecil di British Journal of Nutrition Juni 2020 menemukan bahwa minum kopi hitam pada saat perut kosong pertama di pagi hari secara signifikan terganggu kontrol gula darah Anda.

Kemampuan untuk mengatur kadar gula darah mengurangi risiko kondisi metabolisme seperti diabetes dan penyakit jantung. Orang yang sarapan sebelumnya tidak mengalami lonjakan glukosa darah.

Akan Merasa Gelisah
Kafein diserap ke dalam tubuh dengan cepat, rata-rata dalam 45 menit dan memuncak dalam aliran darah mulai dari 15 menit hingga dua jam setelah dikonsumsi, menurut Harvard TH Chan School of Public Health. Anda akan merasakan efeknya lebih cepat jika Anda belum makan, dan sensasinya akan lebih lambat jika Anda sudah makan, terutama jika Anda makan makanan kaya serat.

Maret 2018, pada laporan oleh Coffee & Health menemukan bahwa variasi genetik menentukan bagaimana tubuh Anda memproses kafein. Beberapa orang memetabolismenya dengan cepat, dan itu memiliki efek ringan pada mereka. Yang lain memecah kafein secara perlahan, sehingga efeknya lebih terasa dan tahan lama.

Artinya, jika Anda seorang yang bermetabolisme cepat, minum secangkir kopi sepertinya tidak akan membuat Anda gelisah, meskipun sudah berjam-jam sejak makan terakhir Anda.

Adapun yang mencerna kafein dengan kecepatan lambat, Anda lebih rentan terhadap kegugupan pasca-kopi, baik Anda baru saja makan atau belum. Dan jika Anda cenderung gelisah, maka minum kopi sebelum makan cenderung memperkuat efek itu.

"Jika Anda tidak mengalami gejala apa pun, maka saya akan mengatakan tidak apa-apa," kata kata Marvin Singh, MD , direktur gastroenterologi integratif di Institut Kesehatan Integratif Susan Samueli di UC Irvine, asisten profesor klinis kedokteran keluarga. dan kesehatan masyarakat di UC San Diego dan pendiri Precisione Clinic.

"Tetapi jika Anda mencurigai itu menyebabkan masalah, maka saya akan memperhatikannya. Tubuh Anda adalah dokter terbaik," tandas Dr. Singh.

SHARE