Mengenal Legenda Escapologist, Harry Houdini - Male Indonesia
Mengenal Legenda Escapologist, Harry Houdini
MALE ID | Story

Nama Harry Houdini adalah salah satu pesulap terhebat di dunia. Bahkan, dia menjadi pesulap paling hebat pada abad ke-20. Jika dianalogikan, dia adalah Eisnten dalam dunia sulap.

Male IndonesiaFoto oleh form PxHere

Pria kelahiran Budapest, Hongaria, 24 Maret 1874 ini meninggal secara misterius di Detroit, 31 Oktober 1926 pada saat usianya 52 tahun. Karier sebagai pesulap dimulai pada tahun 1891, tetapi tidak sukses. Pertunjukan awalnya dilakukan di museum-museum kecil dan pertunjukan sampingan, bahkan bekerja rangkap sebagai "The Wild Man" di suatu sirkus.

Mulanya Houdini berfokus pada trik sulap kartu tradisional. Pada satu ketika, ia menyebut dirinya "Raja Kartu" ("King of Cards"). Ia kemudian mulai bereksperimen dengan aksi pelolosan diri.

Aksi meloloskan diri itu mulai terkenal secara luas pada tahun 1899 lewat tour yang diadakan di beberapa wilayah Amerika dan Eropa. Triknya itu berhasil membius para penonton. Dari sanalah dia dijuluki sebagai "King of Handcuff".

Keahliannya meloloskan diri juga berkembang, di antaranya dia dapat melepaskan diri dari ikatan tali, rantai, dan yang paling terkenal adalah trik chinese water torture, di mana Houdini yang tubuhnya digantung terbalik berhasil meloloskan diri dari lemari kaca yang diisi penuh dengan air.

 

RELATED ARTICLES

 

Meski terkenal dengan nama Harry Houdini, nyatanya itu adalah nama panggung. Nama lahirnya adalah Ehrich Weis. Ada yang berspekulasi bahwa nama panggungnya itu diambil dari pesulap ternama, Harry Keller. Sedangkan nama belakangnya diambil dari ilusionis Prancis, Jean Eugene Robert Houdin.

Seiring karirnya menanjak, pada tahun 1906, Houdini mulai mempertontonkan aksi-aksi meloloskan diri lewat sebuah film yang berjudul Houdini Defeats Hackenschmidt (Houdini mengalahkan Hackenschmidt). Georg Hackenschmidt adalah seorang pegulat terkenal pada zaman itu, tetapi bagaimana pertandingan itu dilakukan, tidak diketahui jelas karena filmnya telah hilang.

Pamer Terbang di Langit Australia
Layaknya orang kaya saat ini. Harry Houdini pun pada jamannya, saat karirnya berada di atas, tepatnya pada tahun 1909, dia tiba-tiba sangat tertarik pada dunia penerbangan. Dia pun membeli sebuah pesawat terbang Voisin biplane buatan Perancis seharga $5000.

Untuk melancarkan hobinya itu, dia menyewa penuh seorang mekanik bernama Antonio Brassac. Layaknya orang baru belajar menaiki sepeda, dia pun sempat jatuh satu kali saat mengendari pesawatnya. Dari situ dia kemudian berhasil terbang pada tanggal 26 November 1909 di langit Hamburg, Jerman.

Pada tahun berikutnya, Houdini mengadakan tur di Australia. Ia membawa serta pesawat terbangnya, Voisin biplane, dengan maksud menjadi orang pertama yang terbang di Australia.

Spekulasi Kematian Houdini
Haoudini ditanyatakan meninggal secara misterius pada tanggal 31 Oktober 1926 di Detroit. Namun, sebenarnya ada dua spekulasi yang membuat Houdini meninggal. Pertama, dia dinyatakan meninggal akibat peritonitis, penyakit sekunder dari ruptured appendix. "Aku lelah untuk melawan." begitulah kalimat terakhir Houdin.

Spekulasi lain menyatakan, para saksi mata di suatu insiden di kamar ganti Houdini di Princess Theater di Montreal mengatakan bahwa ematian Houdini diakibatkan oleh seorang mahasiswa McGill University, J. Gordon Whitehead, yang memukul Houdini secara mendadak dan berkali-kali pada perutnya sebagai suatu tes. 

SHARE