Sejarah Panjang Olimpiade dari Kuno Hingga Modern - Male Indonesia
Sejarah Panjang Olimpiade dari Kuno Hingga Modern
MALE ID | Sport & Hobby

Pertandingan Olimpiade awalnya merupakan bagian dari festival keagamaan untuk menghormati Zeus, ayah dari para dewa dan dewi Yunani. Festival dan permainan diadakan di Olympia. Orang-orang Yunani yang datang ke Sanctuary of Zeus di Olympia memiliki keyakinan agama yang sama dan berbicara dalam bahasa yang sama. 

Photo by BP Miller on Unsplash

Pertandingan Olimpiade saat itu, para atletnya adalah semua warga negara-kota dari setiap sudut dunia Yunani, yang berasal dari Iberia (Spanyol) di barat dan Laut Hitam (Turki) di timur.

Tempat kudus itu dinamai pada zaman kuno Mt. Olympos, gunung tertinggi di daratan Yunani. Dalam mitologi Yunani, Mt. Olympos adalah rumah bagi para dewa dan dewi Yunani terbesar. 

Pertandingan Olimpiade kuno dimulai pada tahun 776 SM, ketika Koroibos, seorang juru masak dari kota terdekat Elis, memenangkan perlombaan stadion, perlombaan lari sepanjang 600 kaki. Jalur stadion di Olympia ditampilkan di sini. 

Menurut beberapa tradisi sastra, ini adalah satu-satunya acara atletik dari pertandingan untuk 13 festival Olimpiade pertama atau sampai 724 SM. Dari 776 SM, Olimpiade diadakan di Olympia setiap empat tahun selama hampir 12 abad.

Bukti yang bertentangan, baik sastra maupun arkeologi, menunjukkan bahwa permainan itu mungkin telah ada di Olympia jauh lebih awal dari tanggal ini, mungkin pada awal abad ke-10 atau ke-9 SM.

Seperti tertulis dalam laman Penn.museum, ternyata Marathon yang diidentufikasi adalah cabang olahraga pertama, ternyata bukan pertandingan Olimpade kuno. Marathon adalah acara modern yang pertama kali diperkenalkan pada Modern Olympic Games tahun 1896 di Athena, perlombaan dari Marathon timur laut Athena ke Olympic Stadium, yang jaraknya 40 kilometer.

Maraton sebenarnya adalah memperingati pelarian Pheidippides, "pelari siang hari" kuno yang membawa berita tentang pendaratan Persia di Marathon tahun 490 SM ke Sparta (jarak 149 mil) untuk meminta bantuan dalam pertempuran. Menurut sejarawan Yunani kuno abad kelima SM, Herodotus, Pheidippides menyampaikan berita itu kepada Sparta keesokan harinya.

Jarak maraton modern distandarisasi sebagai 26 mil 385 yard atau 42,195 km. pada tahun 1908 ketika Olimpiade diadakan di London. Jarak adalah pengukuran yang tepat antara Kastil Windsor, awal balapan, dan garis finis di dalam White City Stadium.

Dari Kuno ke Modern
Meskipun Olimpiade kuno dipentaskan di Olympia, Yunani, dari 776 SM sampai 393 M, butuh 1503 tahun bagi Olimpiade untuk kembali. Olimpiade modern pertama diadakan di Athena, Yunani, pada tahun 1896. Orang yang bertanggung jawab atas kelahirannya kembali adalah orang Prancis bernama Baron Pierre de Coubertin, yang mempresentasikan idenya pada tahun 1894.

Pikiran awalnya adalah untuk mengungkap Olimpiade modern pada tahun 1900 di negara asalnya Paris, tetapi delegasi dari 34 negara begitu terpesona dengan konsep tersebut sehingga mereka meyakinkannya untuk memindahkan Olimpiade ke tahun 1896 dan menjadikan Athena sebagai tuan rumah pertama.

kemudian ide obor Olimpiade atau Olympic Flame pertama kali diresmikan pada Olimpiade 1928 di Amsterdam. Tidak ada estafet obor di Olimpiade kuno. Ada diketahui, bagaimanapun, obor estafet di festival atletik Yunani kuno lainnya termasuk yang diadakan di Athena. Relay obor Olimpiade modern pertama kali dilembagakan pada Olimpiade 1936 di Berlin.

SHARE