Ini Dia Negara dengan Pengguna Cashless Terbesar - Male Indonesia
Ini Dia Negara dengan Pengguna Cashless Terbesar
MALE ID | Works

Dunia menjadi tanpa uang tunai berkat pembayaran digital. Munculnya dompet digital telah secara dramatis mengganggu lanskap pembayaran. Saat ruang e-wallet memanas, negara-negara seperti Vietnam lebih menyukai pembayaran digital daripada uang tunai.

Photo by naipo.de on Unsplash

Menurut Survei Wawasan Konsumen Global PwC tahun 2019, jumlah orang yang melakukan pembayaran seluler di toko tumbuh paling cepat di Vietnam, di mana survei menunjukkan bahwa persentase konsumen yang menggunakan layanan tersebut di dalam toko meningkat 24 poin persentase, menjadi 61 persen, dalam satu tahun.

Mengutip laman Entrepreneur, di Timur Tengah, persentasenya tumbuh sebesar 20 poin persentase, menjadi 45 persen. Secara global, 34 persen konsumen membayar pembelian menggunakan pembayaran seluler atau cashless di dalam toko, naik dari 24 persen tahun sebelumnya. 

Survei tersebut mengamati bahwa layanan pembayaran seluler juga mendapatkan penerimaan yang luas, terutama di daerah-daerah berkembang yang telah melampaui sistem telepon darat dan langsung beralih ke ponsel dan telepon pintar. Selain itu, China memimpin paket dengan 86 persen populasinya menggunakan pembayaran seluler, diikuti oleh Thailand dengan 67 persen.

Studi ini mensurvei lebih dari 21.000 responden dari 27 wilayah, termasuk enam pasar Asia Tenggara dan Australia, Kanada, Jerman, dan Inggris.

Menjadi Digital
Temuan survei membuktikan perambahan terus-menerus teknologi digital ke setiap sudut kehidupan konsumen. “Misalnya, persentase responden yang membeli sesuatu secara online setiap minggu atau lebih sering naik lima poin persentase dari tahun ke tahun, menjadi 31 persen, dan pangsa konsumen yang tidak pernah berbelanja online turun tiga poin persentase,” kata laporan itu.

Temuan ini juga mengkonfirmasi bahwa smartphone telah menjadi teknologi masuk untuk belanja online, dengan 24 persen sampel global menggunakan ponsel untuk berbelanja setidaknya setiap minggu, dibandingkan dengan 23 persen menggunakan PC dan 16 persen menggunakan tablet.

Ketika konsumen menjadi lebih mengenal dan mempercayai teknologi digital, mereka juga online untuk layanan lain. Lebih dari setengah (51 persen) responden survei membayar tagihan dan faktur secara online pada tahun 2018, dan persentase yang sama mentransfer uang secara online. Pemotongan kabel juga semakin populer, dengan 54 persen dari mereka yang disurvei streaming film dan TV dua kali seminggu atau lebih. Generasi Z memimpin tren ini.

Lebih dari 50 persen mengatakan mereka melakukan streaming hiburan sekali sehari atau lebih sering. Banyak konsumen muda juga pergi ke sumber online terlebih dahulu untuk berita dan urusan terkini dan 39 persen dari mereka mengatakan mereka langsung membuka media sosial untuk mendapatkan informasi, dibandingkan dengan 25 persen secara keseluruhan.

SHARE