Mitos Angka Sial "13" Tak Berlaku Bagi Mereka - Male Indonesia
Mitos Angka Sial "13" Tak Berlaku Bagi Mereka
MALE ID | Sport & Hobby

Di dunia sepakbola, ada saja nomor keramat yang menjadi favorit para pemain. Biasanya, seorang pemain sepakbola akan memilih nomor-nomor seperti 7 dan 9. Nomor itulah yang biasanya digunakan di kaus pemain yang berposisi sebagai penyerang/striker dalam sebuah tim sepakbola.

Male IndonesiaPhoto by Anne Nygård on Unsplash

Sedangkan, untuk posisi lain seperti pemain tengah, para pemain selalu berebut mendapatkan nomor punggung 10 sebagai nomor keramat di jersey mereka. Nomor 10 digunakan pada posisi gelandang serang. Anda tentu tahu para legenda sepakbola yang mengenakan nomor punggung ini. Sebut saja Francesco Totti, Alessandro Del Piero, Roberto Baggio, Pele hingga Diego Armando Maradona. Mereka adalah sederetan nama yang diberi predikat special number 10.

Namun bagaimana jadinya bila seorang pemain mendapatkan nomor punggung 13 di kausnya? Tentu lain ceritanya. Faktanya, angka 13 sangat dihindari oleh para pemain sepakbola. Alasannya, dianggap sial atau bisa membawa malapetaka. Sekedar informasi, mitos ini juga berlaku di dunia bisnis dimana para pebisnis enggan menggunakannnya.

Meski demikian, karir sejumlah pemain justru melonjak dan mendulang sukses saat mereka mengenakan nomor keramat ini. Siapa saja mereka? Berikut kami rangkum dalam para pemain legendaris yang kausnya pernah dihiasi dengan nomor keramat 13. Let’s go!

Maicon (Brazil)

Pemilik nama lengkap Maicon Douglas Sisenando ini dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di masa keemasannya. Ia dijuluki Il Colosso, dimana ia berposisi sebagai fullback berkarakter menyerang terbaik yang pernah dimiliki La Beneamata. Tak ada satupun rekan-rekannya yang tahu, apa alasannya memilih nomor punggung 13. Tetapi, dirinya menjadi bagian dari Inter Milan ketika memenangkan treble di tahun 2010.

Gerd Muller (Jerman Barat)

Gerd Muller adalah pahlawan Jerman Barat di ajang Piala Dunia 1974. Berkat dirinya, Jerman Barat sukses menjuarai ajang empat tahunan itu setelah mengalahkan de Oranje di final dimana ia menyumbang satu gol. Der Bomber pernah memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dengan torehan 14 gol, sebelum disalip oleh Ronaldo dari Brazil puluhan tahun kemudian.

Michael Ballack (Jerman)

Tampaknya pemain sepakbola asal negeri Panser seolah tidak peduli dengan mitos angka sial. Buktinya, setelah era Muller berlalu, giliran Michael Ballack mengenakan nomor 13. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini selalu setia mengenakan nomor tersebut ketika berkostum Bayer Leverkusen, Bayern Munchen, Chelsea serta timnas Jerman. Little Kaiser menghasilkan gelar bergengsi di ajang Bundesliga serta Barclays Premier League.

Eusebio (Portugal)

Eusebio merupakan pemain terbaik yang pernah dimiliki Portugal. Namanya kerap disejajarkan dengan sederetan legenda seperti Pele, Diego Maradona hingga Johan Cruyff. Ia mengenakan nomor 13 di Piala Dunia 1966 dan membawa negaranya meraih juara ketiga. Di samping itu, The Black Panther mencetak sembilan gol sepanjang turnamen dan memenangkan Golden Boots di ajang tersebut.

Alessandro Nesta (Italia)

Bersama Paolo Maldini, Nesta menjadi tembok kokoh di lini belakang AC Milan. Selama berkarir di dunia si kulit bundar (termasuk ketika berkostum Lazio), ia selalu mengenakan nomor punggung 13. Angka sial tak berlaku baginya, dimana The Birds Nest telah memenangkan sejumlah trofi Serie A beserta Liga Champions.

SHARE