Hindari Kencan dengan Orang Dark Triad - Male Indonesia
Hindari Kencan dengan Orang Dark Triad
MALE ID | Relationships

Sebuah studi penelitian terbaru menyoroti apa yang memotivasi tipe orang dengan kepribadian gelap (dark triad), khususnya tentang hubungan asmara mereka. Peneliti menyarankan agar tipe orang seperti ini dihindari sebagai pasangan kencan jangka panjang. Mengapa?

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Istilah dark triad pertama kali dikemukakan oleh Paulus dan Williams pada tahun 2002 dalam penelitian tentang kepribadian. Kedua psikolog ini mengindentifikasi tiga sifat kepribadian gelap yang paling menonjol dari orang-orang yang dianggap berbahaya, bernuansa negatif bagi orang lain dan berisiko sebagai kriminal, yaitu sifat narsisme, psikopati, dan machiavellianisme. Ketiga sifat dark triad itu memiliki ciri-ciri dalam hal keengganan sosial, promosi diri, kedinginan emosional, dan agresivitas.

Selanjutnya, penelitian terbaru menegaskan bagaimana tipe ketiga kepribadian gelap itu dalam hubungan seks mereka. Melansir Psychology Today, Nicole K McNichols PhD, professor di Departemen Psikologi, University of Washington di Seattle, menjelaskan, tipe dark triad cenderung mencari seks bebas dengan nilai jauh di atas rata-rata. Mereka biasanya lebih memilih hubungan jangka pendek daripada hubungan jangka panjang.

Penelitian mengkonfirmasi temuannya untuk mengeksplorasi variabel penjelas dan motivasi yang relevan. Para peneliti mengumpulkan data survei dari 379 mahasiswa sarjana yang mencakup ukuran kepribadian serta pertanyaan tentang motivasi untuk berhubungan.

Penelitian ini juga memaparkan konteks motivasi dan situasional yang menjelaskan bagaimana tipe dark triad terlibat dalam seks bebas. Berikut ini adalah ringkasan temuan penelitian tersebut.

Dark Triad dengan Narsisme Tinggi

Kelompok ini ditemukan memiliki dorongan seks yang sangat tinggi dan dilaporkan sering berfantasi tentang seks bebas. Fakta ini menjelaskan mengapa mereka dilaporkan sering melakukan seks bebas. Namun, terlepas dari perasaan mereka, narsisis mudah terpengaruh oleh kritik dan penolakan. Akibatnya, kelompok ini melaporkan memilih pasangan seksual yang mereka anggap mudah “didapat”, yang menawarkan banyak sanjungan dan yang berisiko kecil menyakiti ego rapuh narsisis.

Narsisis bisa sangat menawan (pada awalnya) sehingga kepercayaan diri ini, dikombinasikan dengan pesona mereka, kemungkinan menjelaskan kemampuan mereka untuk mencapai banyak seks bebas dengan banyak pasangan yang berbeda.

Dark Triad dengan Psikopati Tinggi

Subjek dark triad yang sangat tinggi dalam psikopati melaporkan sedikit atau tidak ada rasa hormat kepada orang-orang yang berhubungan dengan mereka. Mereka melaporkan standar yang lebih rendah dalam memilih pasangan, mungkin karena mereka memiliki sedikit empati, impulsif, dan akhirnya tidak terlalu peduli dengan pasangan mereka.

Kelompok ini juga sebagai pencari sensasi, mereka melaporkan sering berhubungan seks berisiko dengan pasangan yang hampir tidak mereka kenal.

Dark Triad dengan Machiavellianisme Tinggi

Tipe ini terutama termotivasi menggunakan seks bebas sebagai mekanisme untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, memburu pacar orang lain, membalas dendam kepada mantan pacar, atau memanipulasi pasangannya untuk membantu mereka mencapai tujuan lain.

Ini konsisten dengan temuan bahwa tipe ini akan menggoda, bahkan juga kepada orang yang tidak membuat mereka benar-benar tertarik sekali pun. Mereka akan menggunakan situs kencan online untuk menguji keterampilan mereka dalam menggoda orang yang diburunya.

Penelitian kemudian menyebutkan, ketiga sifat kepribadian gelap itu juga mengisyaratkan kemungkinan timbulnya malapetaka emosional jika menjalani hubungan asmara, atau kencan seks dengan mereka.

Memang tidak ada orang yang sempurna, setiap orang setidaknya memiliki beberapa ciri kepribadian yang kurang ideal. Namun orang dengan sifat dark triad, bagaimanapun lebih baik untuk dihindari menjadi teman kencan.

SHARE