Lapangan Golf Terbaik dan Termahal di Dunia - Male Indonesia
Lapangan Golf Terbaik dan Termahal di Dunia
MALE ID | Sport & Hobby

Sejak ditemukan di Skotlandia pada tahun 1600-an, golf tak hanya dikenal sebagai olahraga belaka. Melainkan juga sebagai bagian dari gaya hidup bangsawan. Hal itu tak heran, sebab olahraga yang satu ini memang memiliki banyak kelebihan.

Photo by Catharina Short Sundberg on Unsplash

Salah satu yang terpenting adalah, golf tak memiliki aturan yang sangat baku pada desain lapangan permainannya. Hal itu menjadikan banyak lapangan golf berdesain menarik dan indah. Semuanya mampu mengundang kekaguman.

Selain itu, olahraga golf sendiri memang cukup identik dengan biaya mahal. Sebab, selain harus menyewa lapangan yang mahal, para pemainnya juga harus memberi sejumlah perangkat bermain dengan harga selangit.

Terkait lapangan golf itu sendiri, ada beberapa lapangan golf yang dikategorikan berharga sangat mahal dan lapangan terbaik di dunia.

Lapangan Golf Shadow Creek-Nevada, Amerika Serikat
Lapangan golf termahal pertama ada Lapangan Golf Shadow Creek yang terletak di Nevada, Amerika Serikat. Lapangan golf ini dimiliki oleh salah satu pemilik kasino terbesar di Kota Mogul, Steve Wyn. Lapangan ini telah dibuka pada 1989.

Lapangan ini dibangun di tengah gurun dan untuk menyembunyikannya dari mata publik. Meski begitu, ada 21 ribu pohon yang terbentang di sana. Diperkirakan, biaya pembangunan mencapai USD60 juta dan USD100 juta.

Biaya untuk bermain golf satu di sana adalah USD500 atau sekira Rp7,2 juta per orang setiap putaran. Dengan biaya ini, bermain di sana terasa bak seperti seorang raja.

Pebble Beach Golf Links-California, Amerika Serikat
Berikutnya, ada Pebble Beach Golf Links. Lapangan golf ini terletak di California, Amerika Serikat. Areanya sering digunakan untuk menggelar turnamen bergengsi, seperti AS Open dan Piala Ryder. Lapangan ini terletak di Teluk Carmel dan memberi para pegolf salah satu pemandangan paling indah saat mereka bermain. 

Penginapan di sana juga dibangun menghadap Samudra Pasifik sehingga para pemain bisa melihat pemandangan alam indah berupa tebing-tebingnya yang megah dan garis pantai yang berbatu. Jika ingin bermain di lapangan ini, Anda harus siap dikenakan biaya USD475 atau sekira Rp6,8 juta per orang setiap putarannya.

Old Head Golf Links-County Cork, Irlandia
Kemudian ada Old Head Golf Links. Lapangan golf ini terletak di County Cork, Irlandia. Lapangan ini berada di selatan Irlandia. Lapangannya dirancang istimewa oleh John dan Patrick O'Connor.

Jika bermain di sana, Anda akan mendapat pemandangan yang menakjubkan. Lapangan ini makin terasa spesial karena dilengkapi dengan bar dan juga restoran bertaraf bintang lima. Biaya bermain di sana mencapai USD400 per orang atau sekira Rp5,8 juta setiap putarannya.

The Prairie Club, Nebraska, Amerika Serikat 
Sedangkan untuk lapangan golf terbaik yang pertama ada The Prairie Club. Lapangan ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Tak heran jika predikat Best Overnight Golf Destination dari Golf Digest pernah disandang lapangan yang satu ini. 

Memiliki konsep padang savana, golf course ini dilengkapi dengan perbukitan, rumput berpasir dan hamparan ilalang. Namun hati-hati pada jebakan bunkernya. Sebab, di sini merupakan salah satu lapangan dengan bunker tersulit di dunia. Butuh keahlian dan konsentrasi khusus untuk mengeluarkan bola dari bunker. Total ada 46 hole dari tiga golf course yang ada di kawasan ini. 

Aneh dengan jumlah hole yang ada? The Prairie Club memang berbeda. Mereka tidak terpaku pada jumlah hole harus kelipatan 9 seperti lazim adanya. Tiga course yang ada di sini antara lain Dunes dengan 18 hole serta 73 par dan 7.583 yards. Kemudian ada juga Pines yang didesain oleh Graham Marsh dengan 18 hole serta memiliki par 73. 

Nah, terakhir ini yang cukup unik. Bernama Horse course, jumlah hole di sini ada 10. Didesain oleh Gil Hanse & Geoff Shackelford, course ini memiliki tantangan yang berbeda. Dijamin adrenalin bermain Anda akan lebih terasa.

Puntacana Resort & Club, Republik Dominika 
Bayangkan Anda teeshot di sebuah tempat yang berada langsung di tepi laut pulau Karibia. Sungguh sebuah kepingan surga yang jatuh ke bumi. Itu semua bisa didapatkan jika bermain di Puntacana Resort & Club yang berada di Republik Dominika.   

Lokasi yang dilengkapi resort nan elegan serta villa pribadi itu memiliki tiga golf course dengan total 45 lubang. Masing-masing diberi nama sesuai arsiteknya, yakni Tom Fazio Corales, P.B. Dye La Cana, dan P.B. Dye Hacienda. Menurut situs resmi mereka, luas keseluruhan kawasan tersebut adalah 26 mil persegi. 

Lapangan ini beberapa kali menerima penghargaan. Salah satu yang paling bergengsi adalah Golf Resort of The Year-Rest of World 2011 dari IAGTO. Harga untuk bermain di sini bervariasi mulai dari USD 105 hingga USD 140 perputaran.

SHARE