Kereta Api Bertenaga Air Paling Curam di Dunia - Male Indonesia
Kereta Api Bertenaga Air Paling Curam di Dunia
MALE ID | Story

The Lynton dan Lynmouth Cliff Railway adalah kereta api bertenaga air dan telah mengangkut penumpang dari atas tebing selama 100 tahun. Dan kereta yang yang seperti ini hanya ada tiga yang seperti itu di dunia.

Photo: R~P~M/Flickr

Selain menjadi salah satu dari hanya tiga kereta api bertenaga air, itu juga yang paling curam dan tertinggi. Seperti dikutip dari goodhousekeeping, tidak heran kereta ini telah memenangkan begitu banyak penghargaan sebagai Kereta Api Tebing Terbaik di Inggris.

Kereta bekerja dengan menyeimbangkan berat dua gerbong, satu di atas dan satu di bawah, yang berlabuh di setiap stasiun dan menggunakan rem untuk menjepit rel. Ketika setiap mobil siap berangkat, pengemudi melepaskan rem, dan kemudian mobil bagian bawah mengeluarkan air dari tangkinya sampai mobil bagian atas lebih berat. Mobil bagian atas kemudian berguling perlahan ke bawah rel, menarik mobil bagian bawah ke atas.

The Lynton and Lynmouth Cliff Railway adalah satu-satunya kereta api bertenaga air sepenuhnya di Inggris. Kereta serupa lainnya seperti Saltburn Cliff Lift dan Folkestone Leas Cliff Lift memompa air kembali ke atas menggunakan motor listrik.  Pada kenyataannya, sebagian besar kereta api bertenaga air lainnya membutuhkan tenaga listrik.

Kereta api tebing bertenaga air lainnya adalah Elevador do Bom Jesus Portugis di Braga, dan Funiculaire Neuveville-St.Pierre di Fribourg, Swiss. Tapi Kereta Api Tebing Lynton dan Lynmouth adalah yang tertinggi dan tercuram, mengangkat Anda 500 kaki dari bawah ke atas.

Umur kereta ini sudah lebih dari 130 tahun. Kereta api dibuka untuk umum pada Senin Paskah tahun 1890, sembilan tahun setelah pertama kali diusulkan. Pada saat itu, itu adalah dorongan besar bagi ekonomi lokal, serta menjadi daya tarik wisata utama, sekarang jauh lebih mudah untuk mengangkut barang dari pelabuhan ke puncak tebing, yang telah dilakukan oleh kuda beban sampai saat itu.

Pada 2015, untuk menandai peringatan 125 tahun pembukaan kereta, Putri Anne berkunjung untuk kedua kalinya. Dia meluncurkan sebuah plakat untuk merayakan sejarah kereta api, kemudian naik dan mendaki tebing untuk menikmati pemandangan dan bertemu dengan sukarelawan lokal di puncak.

SHARE