Kurangi Penyajian Kopi dengan Suhu Panas - Male Indonesia
Kurangi Penyajian Kopi dengan Suhu Panas
MALE ID | Sex & Health

Es Kopi atau kopi dingin yang dicampur dengan es ternyata lebih baik dari kopi yang disajikan secara panas atau hangat. Memang kebanyakan orang akan menikmati kopi panas di pagi hari untuk membangkitkan semangat atau di sore atau malam hari untuk menyegarkan pikiran.

Male IndonesiaPhoto by Ketut Subiyanto from Pexels

Tetapi terlepas dari itu, kopi memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Seperti menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker, depresi, dan berbagai penyakit yang berkaitan dengan gangguan saraf, misalnya Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) dan Parkinson.

Jurnal NIH AARP Diet and Health Study menyebutkan bahwa mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari ternyata sudah mampu menurunkan resiko terkena kematian dini hingga 6 persen. Bahkan, jika kita mengkonsumsinya 2 hingga 3 cangkir, maka resiko ini bisa semakin menurun hingga 10 persen.

Walau pun belum diketahui apa yang menjadi alasan di balik sejumlah manfaat kesehatan ini, para pakar kesehatan percaya tingginya kandungan antioksidan, polifenol, dan mineral dalam kopi ikut berperan penting tubuh menjadi sehat.

Seorang profesor epidemiologi dan gizi di Harvard T.H Chan School of Public Health, Frank Hu, MD. PhD., mengatakan apapun bentuk penyajiannya, ternyata tidak mempengaruhi nutrisi di dalam kopi. Jika berbicara soal rasa, tentu kembali pada masing-masing individu.

Secangkir kopi hitam dan kopi dingin tanpa gula sama-sama tidak mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan makronutrien penting lainnya, seperti kalsium dan serat. Namun kandungan kafein di dalam kopi panas maupun es kopi cenderung sama, efek kafein pada tubuh yang didapatkan dari es kopi ternyata lebih cepat jika dibandingkan dengan saat mengkonsumsi kopi panas.

Pasalnya,nilai gizi dari kedua versi minuman ini baru akan berubah ketika ditambahkan perasa atau pemanis. Selain itu, rasa es kopi ternyata cenderung tidak begitu asam sebagaimana saat kita mengkonsumsi kopi tubruk yang panas. Karena air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi akan mengeluarkan asam yang lebih pekat dari biji kopi.

Berarti, bagi Anda yang cenderung lebih sensitif dengan kafein layaknya mengalami maag atau naiknya asam lambung setelah mengkonsumsi kopi, maka mengkonsumsi es kopi bisa menjadi solusi.

Catatannya, hindari penambahan dalam penyajian kopi dengan topping pada es kopi yang Anda minum. Seperti menambahkan sirup, whipped cream bahkan gula. Karena itu hanya akan menambah kalori dalam kandungan kopi yang Anda seduh. **

SHARE