Cara Bagaimana Mengatasi Hubungan Codependency - Male Indonesia
Cara Bagaimana Mengatasi Hubungan Codependency
MALE ID | Relationships

Hubungan Codependency menggambarkan dinamika relasional di mana Anda terlalu bergantung pada orang lain dan persetujuan mereka terhadap Anda, mengalami kesulitan untuk mengalami diri Anda berbeda dan terpisah dari orang lain, dan berjuang untuk mengenali dan memprioritaskan kebutuhan Anda sendiri.

Photo by Monstera from Pexels

Dalam hubungan Codependency, kesejahteraan pasangan Anda secara fundamental terjerat dengan kesejahteraan Anda. Anda mungkin merasa bingung saat mencoba membuat pilihan dan keputusan. 

Menempatkan perhatian pada reaksi dan tanggapan nyata atau yang dibayangkan pasangan Anda terasa lebih aman dan lebih mudah daripada menaruh perhatian pada diri sendiri, terutama pada saat-saat penting dan penuh emosi. 

Hal ini dapat membuat sulit untuk menetapkan, menghormati, dan mengenali batasan Anda sendiri dan orang lain atau untuk mengetahui dan menghormati apa yang Anda inginkan ketika keinginan Anda berbeda dari keinginan pasangan Anda.

Dalam jangka pendek, ketergantungan bersama dapat menyamar sebagai "berhubungan baik" atau menjaga perdamaian, tetapi melibatkan diri Anda pada orang lain juga membangun kebencian dalam diri Anda atas pengorbanan yang Anda lakukan, namun secara tidak sadar dengan biaya Anda sendiri. 

Contoh hubungan codependency seperti ketika pasangan Anda berkata, "Yuk traveling, kita pesan tiket bersama ke Labuan Bajo. Aku menemukan B&B yang sempurna. aku akan membeli tiketnya. Kamu bisa menggantinya nanti."

Anda yang merasa stres karena pekerjaan Anda, selintas Anda bersyukur dia memikirkan Anda. Tetapi pada saat yang sama, Anda tidak ingin bepergian. Ketika Anda menutup telepon, Anda merasa bingung. Nah jika sudah begini apa yang harus Anda lakukan? Mengutip laman Mindbodygreen, berikut cara mengatasi hubungan codependency.

1. Kontekstualisasikan
Codependency mendapat rap buruk dalam budaya hiper-independen, itulah sebabnya direkomendasikan orang-orang yang berjuang dengan masalah ini mulai dengan mempraktikkan kasih sayang terhadap diri mereka sendiri ketika mereka terjebak dalam loop kodependen. 

Budaya kolektivistik merayakan banyak kualitas yang dianggap budaya individualistik sebagai "bergantung". Misalnya: mendahulukan orang lain, pengorbanan diri untuk kebaikan yang lebih tinggi, dan penyesuaian yang bernuansa terhadap kebutuhan orang lain. 

Ketergantungan bersama tidak berarti Anda lemah atau cacat atau entah bagaimana "gagal" untuk menjaga diri sendiri. Itu berarti Anda adalah penyintas relasional. 

2. Latih Tindakan Kecil "Keegoisan yang Cerdas"
Ingat bahwa codependency jatuh pada spektrum. Ini bukan kategori yang tetap dan mutlak. Banyak dari perilaku yang sama yang bisa disebut "kodependen" juga pro-sosial, baik hati, dan bijaksana. 

Agar diri Anda tidak menyimpang jauh di ujung spektrum Anda, perhatikan pola dalam respons Anda terhadap orang-orang yang dekat dengan Anda. Bisakah Anda merespons secara berbeda dan merasa lebih baik, dalam jangka panjang? 

Biarkan diri Anda mempraktikkan tindakan kecil "egois yang cerdas", tindakan di mana Anda menghormati kebutuhan, keinginan, dan perasaan Anda untuk kebaikan jangka panjang hubungan Anda. 

Gunakan kesadaran Anda untuk mengenali ketika Anda sudah terlalu jauh mendahulukan orang lain, dan kemudian mencoba sesuatu yang baru. Jangan menghakimi atau mencela diri sendiri.

3. Kenali Kebutuhan Sejati Anda
Bedakan kebutuhan sejati dari ketakutan dan penghindaran. Apakah Anda perlu menghindari ketidaksetujuan seseorang dengan cara apa pun, atau apakah Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak terlalu banyak memberi? 

Apakah Anda perlu menghindari membuat kesalahan, atau apakah Anda perlu memberi diri Anda rahmat dan membiarkan diri Anda menjadi manusia pada saat ini? Lakukan latihan teratur untuk memperlambat, menenangkan diri, dan memeriksa apa yang benar-benar Anda butuhkan.

4. Lakukan Komunikasi yang Jelas dan Langsung
Belajarlah untuk dengan berani mengarahkan cara Anda berkomunikasi dengan orang lain, meninggalkan ruang sesedikit mungkin untuk interpretasi, jika memungkinkan. Jika seseorang berkata, "Apakah kamu bebas malam ini?" dan Anda tidak, katakan, "Tidak".

Komunikasi yang jelas dimulai dengan berkomunikasi secara jelas dengan diri sendiri. Biarkan orang melihat lebih dari sekadar versi "menyenangkan", penjaga perdamaian, atau diplomatik Anda.

SHARE