Tips Bangun Mood Olahraga Lari Bagi Pemalas - Male Indonesia
Tips Bangun Mood Olahraga Lari Bagi Pemalas
MALE ID | Sport & Hobby

Olahraga lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Di samping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik.
Male Indonesia
 

Dengan segudang manfaat, olahraga lari adalah olahraga paling murah, mudah, dan juga bisa dilakukan kapan saja. Meski begitu, tidak sedikit orang melakukan olahraga ini.

"Padahal tidak perlu waktu banyak, seminggu cukup tiga kali saja. Untuk waktunya bebas memilih sendiri dan senayaman diri sendiri, baik pagi, siang, atau sore," tutur Reza Puspo, ketua Indorunners kepada Male Indonesia.

Apalagi, kata dia, pria sebenarnya sangat membutuhkan olahraga ini selain olahraga lainnya. Karena pria tentu memiliki pekerjaan yang lebih berat. Apalagi kata dia, orang-orang di jakarta yang super sibuk dengan kerja, jika disadari, tubuhnya butuh keseimbangan.

"Duduk saja di dalem gedung, kerja, mall, mulai dari jam sembilan sampai jam enam sore. yang ada badan tidak bermanfaat, bakal banyak sakitnya," tutur dia.

Reza berharap setiap orang bisa menjadikan lari sebagai kebiasaan masing-masing. Lalu bagaimana dalam membangun olahraga lari dalam diri sendiri untuk orang yang memang malas berolahraga? Berikut tips dari Indorunners.

Niat
Apapun itu, kata Reza, jika tidak diawali dengan niat itu sulit dilakukan. Bahkan cenderung tidak dilakukan. Jadi, niat yang besar itu perlu untuk bisa membangun mood untuk gerak dan berolahraga lari.

Cari Teman
Kalau niat sudah ada, yakin ingin mengubah diri untuk menjadikan olahraga bagian dari rutinitas dan budaya, carilah teman agar bisa saling berbagi dan saling mengingatkan. Karena, kata Reza, lari dengan teman jauh lebih mudah untuk menanggalkan alasan-alasan malasnya itu.

Jika di lingkungan rumah tidak ada teman yang diajak untuk olahraga lari. Masuklah komunitas lari. Di sana akan bisa lebih menyenangkan dalam mencintai olahraga lari.

Lari di Car Free Day (CFD)
Tips selanjutnya, kata Reza, untuk membangun mood lari, adalah ikutilah CFD (Car Free Day) setiap minggu. Di sana biasanya banyak komunitas. Dan akan memberikan pengetahuan soal manfaat lari dan teknik lari yang baik.

Kemudiakan akan di arahkan jarak awal lari bagi yang sebelumnya tidak pernah lari. Sehingga tidak perlu langsung lari dengan jarak yang jauh.

Ikut Lomba Lari
Bagi Anda yang malas berolahraga, lebih baik latihan dan ikutilah lomba lari yang hanya memperlombakan jarak 5 sampai 10 KM saja. "Sisanya ketika sudah menerapkan ikut lomba dan kita sudah merasa bisa menyelesaikan tantangan dalam lomba lari itu, nanti olahraga ini akan menjadi bagian dari diri kita," tutur Reza.

Karena, sambung Reza yang terpenting adalah pembuktian diri dahulu. Selain itu, setelah jadi bagian diri sendiri dan bisa menjadi pembuktian diri. Lama kelamaan, olahraga lari bisa menjadi bagian gaya hidup.

"Karena setelah bisa membuktikan itu, biasanya orang mebgeluarkan rasa senangnya. Ada lomba pengen lagi ikut. Untuk pembuktian diri sendiri saja," tutur dia.

Nah, jadi sekarang tidak lagi mencari-cari alasan untuk berolahraga lari dan lebih memilik duduk di depan televisi. Baiknya kita segarkan dan bugarkan badan untuk hidup lebih sehat. ** 

SHARE