10 Cara Terlihat Hebat di Tempat Kerja Baru - Male Indonesia
10 Cara Terlihat Hebat di Tempat Kerja Baru
MALE ID | Works

Anda tahu pentingnya kesan pertama. Sebagai pencari kerja, kesan pertama sangat berharga. Anda menjadi hebat ketika Anda belajar bagaimana membuat resume. Dan Anda membuat satu lagi hebat lagi selama proses wawancara. Sekarang setelah Anda menerima pekerjaan baru, kesan pertama pada hari pertama Anda bekerja kembali menjadi sangat penting.

Photo by Grabstar .io on Unsplash

Mengutip laman Livecareer, berikut ini sepuluh tips untuk membantu Anda membuat kesan yang baik pada hari pertama Anda di tempat kerja baru, dan menghindari kesalahan yang biasanya terkait dengan memulai pekerjaan baru.

1. Miliki Sikap Positif
Tidak ada yang bekerja lebih baik daripada membuat kesan yang baik tentang Anda pada hari pertama Anda di tempat kerja daripada memiliki sikap positif. Biarkan antusiasme Anda untuk menjadi bagian dari tim dan organisasi terlihat kepada semua orang yang berinteraksi dengan Anda. Tinggalkan masalah pribadi Anda di rumah dan berkonsentrasilah untuk memancarkan kegembiraan Anda untuk peluang profesional baru ini.

2. Berpakaian Profesional
Anda tidak boleh meremehkan pentingnya berpakaian dengan benar pada hari pertama Anda bekerja. Cara Anda berpakaian dapat memengaruhi kesan pertama secara signifikan. Ada tiga pilihan pakaian utama yang diharapkan saat ini: bisnis profesional, bisnis kasual, dan kasual.

3. Pelajari Nama Rekan Kerja dengan Cepat
Tidak ada yang mengharapkan Anda untuk menyebutkan nama semua orang pada akhir hari pertama di tempat kerja, tetapi jika Anda buruk dengan nama, sekaranglah saatnya untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengingat nama.

Untuk setiap orang yang Anda temui, cobalah untuk mengumpulkan kartu nama. Saat Anda memiliki waktu luang, tulislah beberapa catatan di bagian belakang kartu. Sertakan beberapa fakta yang Anda pelajari tentang orang tersebut. Kemudian, sesekali, pelajarilah kartu-kartu itu untuk mengingatkan diri Anda tentang orang-orang baru dalam tim. Trik ini seringkali dapat membantu Anda mempelajari nama dengan lebih cepat.

4. Ajukan Pertanyaan/Minta Bantuan
Tidak ada yang mengharapkan Anda untuk mengetahui segalanya pada hari pertama Anda bekerja, jadi ajukan pertanyaan atau mintalah bantuan saat Anda membutuhkannya. Ingatlah bahwa lebih baik meminta klarifikasi sebelum Anda menghabiskan waktu menyelesaikan tugas dengan cara yang salah.

Dengarkan rekan kerja Anda, ajukan pertanyaan, dan komunikasikan secara terbuka dengan atasan Anda tentang segala kekhawatiran yang muncul. Tidak ada yang mengharapkan Anda mengetahui semuanya dalam minggu dan bulan pertama pekerjaan baru.

5. Buat Catatan dan Pergi ke Orientasi
Catat semua sistem dan aturan organisasi baru Anda pada hari pertama Anda bekerja. Hadiri semua sesi orientasi dan terima pelatihan apa pun yang ditawarkan kepada Anda. Pelajari manual orientasi Anda, jika Anda memilikinya. Tidak ada yang akan membuat Anda mempercepat pekerjaan baru lebih cepat. Partisipasi Anda menunjukkan minat dan ambisi, dan keinginan untuk bergabung dengan cepat.

6. Ambil Inisiatif
Dalam kebanyakan situasi, Anda akan diberi sedikit pekerjaan di awal pekerjaan baru, terutama pada hari pertama Anda bekerja. Memulai dengan perlahan memungkinkan Anda membasahi kaki tanpa merasa kewalahan. Saat Anda menyelesaikan tugas dan siap menangani beban kerja yang lebih besar, ambil inisiatif dan minta lebih banyak tugas.

7. Pelajari Segalanya Tentang Bos Anda
Secara teori, Anda seharusnya sudah mengerjakan pekerjaan rumah Anda selama proses wawancara, tetapi selalu ada banyak hal yang harus dipelajari begitu Anda berada di dalam.

Dapatkan buku pegangan karyawan pada hari pertama Anda bekerja dan pelajarilah. Baca laporan dan literatur perusahaan untuk menjadi ahli di organisasi Anda. Anda juga dapat menemukan informasi hebat di halaman situs web perusahaan baru Anda, atau di situs web berita internet.

8. Datang Lebih Awal dan Pulang Terlambat
Datanglah tepat waktu, bahkan mungkin lebih awal. Kemudian, tinggal sedikit terlambat. Ingat, Anda tidak bisa menjadi pekerja keras dan pengamat jam pada saat yang bersamaan, jadi rencanakan untuk bekerja sedikit lebih lama dari hari kerja Anda yang biasanya delapan jam (pada awalnya).

Jangan mengambil makan siang yang lama, terutama pada hari pertama Anda bekerja. Setelah Anda memahami budaya kantor dengan lebih baik, Anda mungkin dapat mengubah jam kerja Anda atau makan siang lebih lama, tetapi pada awalnya, berbuat salah dengan menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kerja untuk membuat kesan pertama yang baik.

Mengambil langkah-langkah ini akan membantu Anda membuat catatan kehadiran yang baik. Ya, akan ada keadaan darurat, dan, ya, Anda mungkin sakit, tetapi sebisa mungkin, cobalah membuatnya bekerja setiap hari selama minggu-minggu dan bulan-bulan pertama pekerjaan itu.

9. Hindari Politik Kantor dan Gosip
Yang ini bisa jadi sulit. Tempat kerja bisa penuh dengan rumor dan gosip. Misi Anda harus tetap berada di atas keributan. Hindari gosip kantor dan jangan terlibat dalam pembicaraan atau politik sampah kantor, terutama pada hari pertama Anda bekerja. Mengulangi gosip tidak akan membantu Anda membuat kesan pertama yang baik di pekerjaan baru.

Jauhi politik kantor selama mungkin. Pada akhirnya, Anda akan terpapar pada mereka, tetapi tetap netral pada masalah tempat kerja politik selama Anda bisa.

10. Pertahankan Bisnis Pribadi pada Waktu Perusahaan Seminimal Mungkin
Studi menunjukkan bahwa hampir setiap orang melakukan sejumlah urusan pribadi pada waktu perusahaan memeriksa email, membuat reservasi makan malam, mengirim pesan teks, berbelanja online. Tujuan Anda adalah menjaga bisnis pribadi Anda seminimal mungkin dan tetap fokus pada pekerjaan terutama pada hari pertama Anda bekerja.

Jika Anda perlu melakukan panggilan pribadi, menjauhlah dari meja Anda. Jika Anda perlu membuat reservasi atau mengurus bisnis lain secara online, lakukan dengan cepat dan hati-hati, dan, jika mungkin, lakukan dari ponsel Anda.

SHARE