Fitur Pesan Suara WhatsApp Bisa Dipercepat? - Male Indonesia
Fitur Pesan Suara WhatsApp Bisa Dipercepat?
MALE ID | Digital Life

Voice messages atau pesan suara sangat bagus, terutama saat diperlukan penjelasan melalui suara dibanding teks. Voice messages juga berguna bagi orang yang sedang malas mengetik. 

Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Kendati pesan suara ini terbilang menyenangkan. Tetapi tetap akan terasa malas ketika isi pesan suara begitu panjang. Untuk itu, mengutip laman Makeuseof, WhatsApp telah mengeluarkan fitur terbaru yang memungkinkan Anda untuk mempercepat pesan suara langsung di WhatsApp. 

Dalam fungsi baru ini, Anda akan melihat tombol kecil di sebelah pesan suara, yang menunjukkan angka 1x. Jika Anda mengetuknya, kecepatan pesan suara akan berubah menjadi 1.5x, dan jika Anda mengetuknya sekali lagi, kecepatan akan meningkat ke 2x. Jika Anda mengetuknya untuk ke-3 kalinya, kecepatan akan kembali ke normal.

Fungsi ini dapat digunakan baik di pesan suara yang diterima maupun dikirim. Anda cukup memutar pesan suara dan mengetuk tombol kecepatan di sampingnya. Menariknya, WhatsApp dapat mengingat preferensi kecepatan pemutaran Anda. 

Misalnya, jika Anda memilih untuk mendengarkan audio dalam kecepatan 2x tanpa mengembalikannya ke kecepatan awal, semua pesan suara yang Anda terima selanjutnya akan diputar dalam kecepatan 2x. 

Jika Anda ingin membuatnya normal kembali, Anda hanya perlu mengetuk tombol kecepatan lagi. Fitur ini sudah dapat diakses di versi beta terbaru. Namun, sebenernya ini bukan hal baru. Kok bisa?

Dikutip dari India Today, fitur yang dikembangkan WhatsApp itu sebenarnya sudah tersedia di Telegram sejak 2018. Aplikasi perpesanan Telegram memberi penggunanya opsi mempercepat pemutaran suara.

Pengguna dapat meningkatkan kecepatan hingga dua kali yang diklaim dapat menghemat waktu, namun sejauh ini tidak diketahui seberapa efektifitasnya. Selain itu, WhatsApp juga terlihat menguji utas obrolan yang memungkinkan pengguna dapat melaporkan masalah dari dalam aplikasi.

Sesuai laporan Wabetainfo, WhatsApp sedang menguji utas obrolan dukungan yang akan memungkinkan pengguna melaporkan bug langsung ke WhatsApp menggunakan kotak obrolan.

"Seperti yang diumumkan sebelumnya, WhatsApp sedang mengerjakan 'Support Chat Threads' mereka akan membantu Anda dan WhatsApp untuk mengelola laporan bug," ujar WAbetainfo. Fitur ini akan diluncurkan di pembaruan iOS dan Android pada masa mendatang.

SHARE