Tips Bikin Konten Podcast dengan Smartphone - Male Indonesia
Tips Bikin Konten Podcast dengan Smartphone
MALE ID | Digital Life

Tak bisa dipungkiri, podcast semakin banyak diminati saat ini. Kategori konten dan creator-nya pun semakin beragam. Menurut riset Edison Research and Triton Digital, saat ini ada lebih dari 800.000 podcast aktif dan 54 juta episode di seluruh dunia. 

Photo: doc. Samsung Galaxy A12

Jumlah pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh anak muda, yaitu 22,1% pendengar podcast berusia 15-19 tahun, dan sebanyak 22,2% pendengar podcast lainnya berusia 20-24 tahun. Selain itu, berdasarkan sebuah survey JakPat Mobile Survey Platform terhadap 2.023 pengguna smartphone, 80,82% responden mendengarkan konten podcast dalam enam bulan terakhir. 

Dengan tingginya minat akan produksi konten podcast, mulai banyak orang tertarik untuk mencoba membuat konten podcast, termasuk YouTuber dan Influencer. Mengutip keterangan tertulis Samsung Galaxy A12, Wisnu Kumoro, seorang Tech Reviewer memberikan tips tentang bagaimana membuat kreasi konten podcast di rumah hanya dengan memanfaatkan smartphone.  

Atur Jarak Mic
Konten podcast adalah soal kejernihan suara. Saat merekam konten podcast, perhatikan jarak antara microphone dengan mulut atau sumber suara. Kenali juga posisi yang paling menghasilkan suara terbaik dari segi volume dan daya tangkap. Posisi ideal microphoneadalah yang tidak horizontal dengan mulut, tetapi sedikit di bawah mulut. 

Dengan demikian microphone tidak akan terganggu oleh suara hembusan angin atau suara lainnya yang tidak nyaman didengar. Menurut Wisnu Kumoro, jarak paling ideal antara microphone dengan sumber suara adalah lima hingga tujuh jari. Aspek ini juga bertujuan agar suara kalian tidak terdistorsi jika jaraknya terlalu dekat. 

Matikan Notifikasi Saat Merekam
Tentunya Anda perlu konsentrasi penuh saat membuat konten podcast, apalagi jika harus ngobrol dengan orang lain. Sebaiknya, Anda mematikan terlebih dulu notifikasi di smartphone agar tidak terganggu. Lebih baik lagi jika Anda menyalakan fitur airplane mode. Selain tidak terganggu notifikasi, Anda juga dapat menghemat baterai dengan lebih baik.

Perhatikan Kenyamanan dalam Mendengarkan Konten Anda
Jika sudah selesai merekam konten, Anda harus memposisikan diri sebagai pendengar. Dengarkan konten Anda dari awal sampai selesai. Apakah Anda sudah cukup nyaman mendengarkannya? Atau masih ada suara-suara yang mengganggu? Nah, jika dirasa sudah cukup nyaman untuk didengar, Anda bisa lanjut ke proses editing.

Menurut Wisnu Kumoro, terdapat beberapa aplikasi editing yang cukup baik untuk mengedit konten podcast, seperti Wave Editor, Dolby-On, dan N Track. Melalui aplikasi-aplikasi ini, Anda dapat mengedit dengan lebih leluasa seperti melakukan trimming dan menambahkan efek-efek tertentu.

SHARE