Minyak Zaitun Punya Manfaat untuk Rambut - Male Indonesia
Minyak Zaitun Punya Manfaat untuk Rambut
MALE ID | Looks

Minyak zaitun sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Pasalnya, minyak dari ekstrak zaitun ini bersifat melembapkan, sehingga baik digunakan pada rambut. 

Photo by Tiara Leitzman on Unsplash

Minyak zaitun juga mengandung beberapa zat yang membuatnya kaya manfaat, seperti vitamin E, K, dan asam lemak. Dengan kandungan itu, minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk rambut Anda. Mengutip dari berbagai sumber masih banyak lagi manfaat lainnya.

1. Menghilangkan Ketombe
Ketombe muncul saat kulit kepala dalam keadaan kering dan bisa membuat kulit kepala terasa gatal. Kandungan berbagai macam vitamin dan mineral pada minyak zaitun akan mencegah dan menghilangkan ketombe pada rambut, memberikan nutrisi dan mengurangi iritasi pada kulit kepala yang berujung pada munculnya ketombe.

2. Atasi Kebotakan
Rambut yang lebih sehat, kuat dan anti rontok juga bercabang bisa didapat dengan perawatan rambut memakai minyak zaitun. Vitamin E, K, A dan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat ampuh membuat rambut jadi lebih kuat serta terawat. 

3. Menjaga Kelembapan Rambut
Manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah menjaga kelembapan rambut. Penelitian dari International Journal of Trichology menyebutkan bahwa minyak berperan penting dalam menjaga rambut dari kerusakan.

Hal ini mungkin dikarenakan beberapa minyak, termasuk minyak zaitun, dapat terserap hingga ke batang rambut. Minyak zaitun juga membantu mengurangi jumlah air yang diserap oleh rambut, sehingga mengurangi risiko rambut mengembang.

Bila rambut tidak terlalu mengembang, setiap helaiannya tidak akan menyusut dan mengurangi tekanan yang disebabkan oleh rambut. Dengan begitu, kulit kepala terhindar dari kerusakan.

4. Menyejukkan Kulit Kepala
Minyak zaitun memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang berguna untuk menyejukkan kulit kepala. Pelembab alami yang ada di dalamnya juga berguna untuk rasa gatal karena kondisi kering, ketombe, folikel rambut yang tersumbat.

Jika dibiarkan, ketombe dan folikel rambut yang tersumbat dapat menyebabkan rambut rontok. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan minyak zaitun untuk rambut secara rutin agar kekuatan rambut tetap terjaga.

5. Melindungi Rambut dari Proses Kimiawi
Jika sering mencoba gaya yang berbeda pada rambut, hal ini tentu akan merusak rambut Anda cepat atau lambat. Untuk mencegah kerusakan, bisa menggunakan minyak zaitun semalam sebelumnya. Dengan menggunakan minyak zaitun, rambut tidak hanya terhindar dari kerusakan, tetapi juga membuat terkstur rambut jadi lebih mudah diatur.

SHARE