Cara Mengetahui Apakah Anda Pecandu Kafein - Male Indonesia
Cara Mengetahui Apakah Anda Pecandu Kafein
MALE ID | Sex & Health

Tahukah Anda bahwa lebih dari 80 persen populasi bergantung pada kafein untuk berfungsi secara optimal? Benar. Tapi bagaimana cara mengetahui apakah Anda pecandu kafein?

Male IndonesiaPhoto:pexels.com

Jika Anda hanya mengandalkan secangkir kopi pertama di pagi hari atau terburu-buru ke kantor dan minum kopi sebelum memulai apa pun, Anda tidak perlu panik. Ini mungkin disebabkan oleh kebiasaan dan Anda tidak perlu merasa terlalu buruk.

Tetapi jika terlalu banyak minum kopi dalam sehari, Anda bisa mendapat masalah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh University of South Australia, para peneliti menyimpulkan bahwa Anda boleh minum sebanyak enam cangkir kopi per hari sebelum menjadi buruk bagi kesehatan Anda.

Penelitian menemukan bahwa jika melebihi enam cangkir, kemungkinan akan terkena penyakit jantung sebesar 22 persen, mengingat tingginya jumlah kafein juga menyebabkan tekanan darah tinggi. Tetapi ini sangat bergantung pada kesehatan Anda dan kekuatan kopi yang Anda minum.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Chief Scientific Officer untuk suplemen kafein Arepa, Prof Scholey, mengungkapkan apa yang akan terjadi jika Anda minum terlalu banyak kopi, dilansir dari menshealth.

Banyak orang menyatakan bahwa mereka merasa gelisah atau cemas setelah terlalu banyak kafein, termasuk kopi. Beberapa orang memiliki susunan genetik yang bisa mengalami efek ini meski dari dosis yang lebih rendah. Pada dosis yang sangat tinggi, kafein dapat meningkatkan detak jantung dan menyebabkan ketidaknyamanan efek fisik.

Jadi idealnya berapa cangkir kopi sehari ? Jawaban singkatnya adalah 2-5 cangkir per hari tergantung pada jenis kopi tertentu. Sebagian besar pedoman menyarankan bahwa 400 mg kafein per hari adalah batas atas yang aman. Tetapi ingat, kopi bervariasi kandungan kafeinnya, berdasarkan jenis biji yang digunakan dan cara penyeduhannya.

Bisakah Anda membuang kafein dari tubuh Anda? Scholey mengatakan, kafein memiliki waktu paruh dalam tubuh sekitar 4 jam. Artinya kadarnya akan berkurang setengahnya dalam tubuh setiap 4 jam sehingga kadar kafein bisa menjadi cukup rendah beberapa jam setelah Anda minum kopi.

“Jelas, ini akan tergantung pada berapa kopi yang Anda minum, selama jangka waktu berapa dan berapa banyak kafein yang dikandungnya,” ujarnya.

Salah satu tanda paling jelas dari ketergantungan kafein adalah ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas hidup sehari-hari tanpa kafein. Menurut beberapa penelitian, sejauh ini gejala yang paling umum kecanduan kafein jika tiba-tiba menghentikannya adalah sakit kepala, kelelahan, energi dan keaktifan rendah, kewaspadaan menurun, kantuk, keseluruhan suasana hati yang buruk, tertekan dan ketidakpuasan, kesulitan berkonsentrasi, dan sifat lekas marah.

Efek fisik dari penghentian kafein juga meliputi gejala mirip flu seperti mual, muntah, dan nyeri otot atau kekakuan. Gejala itu biasanya dimulai sekitar 12-24 jam setelah tidak mengonsumsi kafein. Waktu puncak gejala terjadi pada 20 hingga 51 jam setelah berhenti minum kafein. Kondisi ini mungkin bisa berlangsung dari 2 hingga 9 hari.

Namun jika Anda khawatir dengan konsumsi kafein Anda, ada produk lain yang tampaknya bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Mengonsumsi flavanol kakao (ditemukan dalam cokelat hitam), guarana, atau gingseng memiliki beberapa bukti, meskipun keduanya juga mengandung kafein.

Jika Anda merasa efek kafein berpengaruh pada perhatian dan konsentrasi Anda, maka buah beri pun memiliki efek yang sangat mirip, tanpa sisi negatif, dan tentu saja tidak ada kafein.

SHARE