Variasi Gerakan Sit Up yang Perlu Anda Tahu - Male Indonesia
Variasi Gerakan Sit Up yang Perlu Anda Tahu
MALE ID | Sport & Hobby

Sit up adalah latihan perut klasik, yang mengharuskan Anda berbaring telentang dan mengangkat tubuh. Inti dari latihan ini adalah memanfaatkan beban tubuh untuk mengencangkan otot perut.

Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay

Sit up adalah salah satu latihan paling dasar. Hampir semua orang pandai dalam hal itu. Karena itu, manfaat sit up seringkali dianggap remeh. Padahal, manfaatnya sangat besar. Sit up tak hanya melatih otot perut saja, tapi juga punya banyak manfaat lainnya. Seperti membakar kalori, kesehatan oto, sampai meningkatkan keseimbangan tubuh.

Sit up juga memiliki banyak variasi atau macam-macamnya dengan manfaat yang berbeda-beda. Mengutip dari berbagai sumber, setidaknya ada lima gerakan sit up yang dapat Anda lakukan di rumah, baik menggunakan alat atau pun tidak.

Weigted Crunch
Pada gerakan ini sit up ini, Anda dapat menggunakan beban atau dumbell untuk memaksimalkan pergerakannya. Jika tidak memiliki dumbbell, maka gunakanlah beban lain seperti misalnya medicine ball, barbumble, dan banyak benda lain yang bisa Anda manfaatkan. 

Pastikanlah untuk selalu melakukan variasi gerakan ini dengan menyesuaikan pada kemampuan Anda juga. Anda dapat melakukan ini sebanyak dua puluh kali agar dapat semakin mantap membentuk otot saat sit up berlangsung.

Frog Crunch 
Frog crunch dilakukan untuk melatih keseimbangan perut bawah sehingga saat latihan, Anda perlu menekan perut bawah lebih kuat dari biasanya. Praktinya tidak sulit, pertama Anda harus duduk dengan kaki diluruskan kepedan. 

Lalu, miringkan tubuh Anda dan angkat kaki sampai membentuk sudut 45 derajat serta merentangkan tangan ke kanan dan ke kiri. Kemudian, tekuk lutut dan tangan lalu kembali ke posisi semula.

V-Ups
Variasi gerakan selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah variasi untuk melatih otot perut sehingga menghasilkan perut berbentuk V-ups. Artinya akan terbentuk huruf V dari bagian pinggul hingga pinggang Anda. Biasanya, cara ini dapat dilakukan dengan pertama tama membaringkan tubuh ke lantai sambil merentangkan tangan ke sisi kepala. 

Keluarkanlah nafas Anda hingga tegangan otot perut berbentuk indah dan sambil juga angkat kaki hingga berbentuk V. Lanjutkan gerakan dengan mengangkat tangan hingga tubuh berbentuk huruf V. Jika sudah kembalikan tubuh ke posisi semula dan ulangi beberapa kali.

Standard Crunch
Standar crunch merupakan gerakan sit up di mana Anda berbaring dan menemuk badan Anda sampai selanjutnya letakkan tangan Anda ke belakang seperti berbentuk siku. Anda kemudian dapat mulai mengangkat tubuh Anda dan mengarahkannya ke kanan dan kiri.

Sambil mengangkat tubuh tersebut, Anda bisa menarik dan melepaskan nafas perlahan-lahan. Sambil menggerakan bahu ke atas seperti diangkat Anda pun dapat menghilangkan otot perut yang tegang. Kemudian lakukan gerakan seperti membengkokkan leher. Dan terakhir ambil nafas perlahan hingga keposisi semula lagi.

Full Sit Up
Kemudian ada juga gerakan sit up di mana posisi badan menempel ke lantai, namun angkat badan bagian atas Anda sampai posisi setengah duduk. Pastikan seluruh kekuatan dipusatkan ke otot perut Anda. Lalu tahan hingga Anda benar-benar mengeluarkan keringat. Kemudian angkat lagi posisi tubuh hingga perut Anda menjadi lebih rata.

Selama mengangkat tubuh dan menurunkannya kembali, Anda tidak boleh goyang dan jatuh. Di awal masa pencobaan, mintalah bantuan orang lain untuk melakukan gerakan ini sampai sukses.

SHARE