Nespresso dan Arti Kepedulian dalam Secangkir Kopi - Male Indonesia
Nespresso dan Arti Kepedulian dalam Secangkir Kopi
MALE ID | Whats Up

Nespresso percaya bahwa kopi dapat menjadi salah satu sumber kebaikan bagi banyak orang, dan prinsip inilah yang dipegang oleh brand untuk program terbaru Nespresso dengan nama ‘Made with Care’. 

Program ‘Made with Care’ dimulai dengan sebuah video yang ditayangkan di televisi dan media sosial, di mana brand ambassador Nespresso dan anggota Nespresso Sustainability Advisory Board (NSAB) George Clooney, bersama dengan beberapa sahabat Nespresso lainnya menjelaskan makna dari setiap cangkir kopi Nespresso, yaitu adanya kontribusi dan rasa kepedulian di setiap langkahnya. 

Setiap Cangkir Dimulai dengan Rasa Kepedulian 
Program ‘Made with Care’, seperti yang dijelaskan oleh Clooney, membawa nilai-nilai fundamental Nespresso di kehidupan nyata: proses pembuatan kopi berkualitas tinggi dapat menjadi karya seni sekaligus agen perubahan positif, ketika rasa kepedulian ditanamkan di setiap langkahnya. 

Prinsip ini ditanamkan di setiap nilai-nilai Nespresso – salah satunya adalah inisiatif Nespresso AAA Sustainable Quality™ Program yang dibuat untuk memastikan setiap biji kopi Nespresso berasal dari kualitas terbaik serta memperbaiki kualitas hidup para petani dan menjaga lingkungan. Prinsip yang sama juga ditanamkan di komitmen Nespresso untuk mencapai netralitas karbon di tahun 2022. 

“Rasa kepedulian selalu ditanamkan di Nespresso,” ujar Anna Lundstrom, Brand Officer Nespresso.

Sebagai pelindung salah satu sumber daya alam yang berharga, tambah Anna, terdapat filosofi yang tertanam dan dijaga di setiap kegiatan Nespresso. 

"Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman kopi terbaik dan menjaga kelangsungan bumi dengan campur tangan manusia beserta kreativitasnya. Kami percaya bahwa menghasilkan produk berkualitas baik dan memegang  nilai-nilai secara teguh bisa dijalankan secara bersamaan,” ucapnya. 

Berbagi Nilai yang Sama 
Kerja sama yang telah dibangun sejak 2006 untuk program ‘Made with Care’ juga menggambarkan perpaduan nilai-nilai Nespresso dengan George Clooney, menunjukkan bahwa penggunaan brand ambassador juga dapat berkembang menjadi suatu hal yang memiliki nilai positif untuk berbagai aspek. 

“Saya dan Nespresso memiliki passion yang sama untuk gerakan sustainability dan mendukung kemakmuran petani. Dalam satu tahun belakangan ini terlihat bahwa rasa kepedulian merupakan hal yang penting untuk menjaga kemakmuran dan ketahanan komunitas ini," ujar Clooney.

"Itulah kenapa saya senang bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki nilai yang sama dengan saya untuk gerakan ‘Made with Care’—mulai dari aktivis, selebriti, hingga petani-petani dan ahli kopi yang paling berdedikasi yang pernah saya temui. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk menjalankan program sustainability yang adil supaya kita tetap bisa merasakan kopi berkualitas hingga di generasi berikutnya,” lanjut Clooney. 

Di video ‘Made with Care’, Clooney bersama dengan sekelompok partner Nespresso yang beragam menjawab pertanyaan “What is Care?”. Mereka menjelaskan bagaimana prinsip mereka masing-masing dapat disatukan melalui satu tujuan dengan dasar rasa kepedulian yang menjadi nilai utama dari Nespresso. 

Arti dari Rasa Kepedulian 
Di Nespresso, kualitas tidak datang karena adanya kesempatan, tetapi merupakan hasil dari pemilihan berbagai keputusan dan rasa kepedulian yang dijalankan Nespresso dalam setiap langkahnya. 

Kepedulian untuk komunitas petani dan kesetaraan gender merupakan hal fundamental bagi Nespresso. Di dalam video terdapat beberapa kepribadian yang memiliki nilai-nilai yang sama dalam menghadapi isu-isu sosial. Mulai dari Fashion Designer Johanna Ortiz, hingga aktris keturunan Perancis-Rwanda dan filantropis Sonia Rolland, digital entrepreneeur Chiara Ferragni, hingga penyair dan aktivis keturunan Sudan-Amerika Emi Mahmoud, Nespresso dengan bangga berkolaborasi dengan tokoh-tokoh besar yang peduli akan kesetaraan dan inklusivitas. 

Di dalam video juga menampilkan partner Nespresso dalam menjalankan program jangka panjang untuk sustainability. Mulai dari pekerja kreatif seperti koki asal Prancis Jean Imbert, yang menanamkan nilai ini di setiap karyanya, hingga ke individu yang mendedikasikan karirnya untuk menjalankan aksi keadilan dan sustainability, yaitu Dr. Nyagoy Nyong’o, Global CEO Fairtrade International, dan Tristan Lecomte, Founder of PUR Project, keduanya adalah anggota dari Nespresso Sustainability Advisory Board. 

Menghargai nilai seni yang ditanamkan dalam pembuatan kopi berkualitas juga merupakan hal penting bagi Nespresso. Terlihat dari hubungan kerja sama Nespresso dengan berbagai seniman berbakat yang menggunakan talenta mereka sebagai wadah untuk menolong sesama, termasuk aktor Mark Chao dan pemain biola asal Perancis, Renaud Capuçon. 

Terakhir, rasa kepedulian Nespresso di setiap cangkirnya juga ditanamkan oleh setiap orang yang bekerja di Nespresso. Kepedulian untuk kualitas, kepedulian untuk memberikan pengalaman bermakna bagi penikmat kopi, serta kepedulian terhadap sesama. Rasa kepedulian ini diwakilkan oleh Nespresso Head of Coffee Developmen Alexis Rodrigues, coffee specialist James Pergola, Agronomi asal Kolombia Juliana Correa, dan seniman kopi asal Nicaragua Cindy Romero dan Anderson Moran yang juga hadir di video program ‘Made with Care’. 

Di video program ‘Made with Care’ juga hadir global digital entrepreneur, Chiara Ferragni, penikmat kopi sekaligus penggemar setia Nespresso. Perempuan yang dikenal dengan ide-ide disruptif, gerakan pemberdayaan perempuan, serta organisasi penggalangan dananya yang sejalan dengan prinsip-prinsip Nespresso, menjadikan Chiara  sebagai tokoh yang sesuai dalam program kepedulian ini. 

“Selama satu tahun ke belakang, saya semakin yakin bahwa kepedulian yang sesungguhnya adalah melakukan hal-hal yang dapat mendukung komunitas kita. Bahwa kita akan lebih kuat jika menjalankan ini bersama-sama. Saya selalu kagum akan komitmen Nespresso dalam memilih sumber daya yang sustainable, dan saya bangga memulai kolaborasi dengan Nespresso untuk inisiatif penting ini dan saya sangat tidak sabar melihat hasil akhirnya nanti,” jelas Chiara. 

Di video ‘Made with Care’ juga hadir Mark Chao, aktor yang menggunakan suaranya untuk memperjuangkan kesehatan emosional. Chao percaya bahwa manusia harus dibantu untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, filosofi yang juga terrefleksi di cara Nespresso memperlakukan karyawan, para petani, serta kualitas dari pengalaman yang ingin diberikan untuk para penikmat kopi setiap harinya. 

“Saya yakin bahwa rasa kepedulian yang sesungguhnya adalah melakukan apa yang kita bisa untuk membantu sesama. Saya bangga dengan hubungan jangka panjang saya dengan Nespresso dan saya juga sangat senang dengan kesempatan yang diberikan dengan menggunakan platform ini untuk menyebarkan energi positif dan menimbulkan perubahan positif,” jelas Chao. 

SHARE