7 Makanan Ini Bisa Jadi Penambah Testosteron - Male Indonesia
7 Makanan Ini Bisa Jadi Penambah Testosteron
MALE ID | Sex & Health

Testosteron adalah hormon seks pria yang memengaruhi lebih dari sekadar dorongan seks. Hormon ini juga bertanggung jawab untuk kesehatan tulang dan otot, produksi sperma, serta pertumbuhan rambut.

Photo by Roni Herdyanzah on Unsplash

Anda bisa kehilangan testosteron seiring bertambahnya usia, serta karena penyakit kronis. Hipogonadisme, juga disebut testosteron rendah atau T rendah, sering kali ditangani secara medis untuk mencegah masalah kesehatan di masa mendatang.

Keseimbangan hormon secara keseluruhan penting untuk mengelola kadar testosteron. Ini berarti Anda perlu mengonsumsi makanan yang seimbang dan padat nutrisi. Nah, mengutip  laman Health Line, berikut ini 7 makanan yang bisa jadi penambah testosteron.

 
 
Kuning telur
Kuning telur adalah sumber kaya vitamin D. Sementara kolesterol memiliki reputasi buruk, kuning telur mengandung lebih banyak nutrisi daripada putih telur. Kolesterol kuning telur bahkan dapat membantu menurunkan T. Selama Anda tidak memiliki masalah kolesterol yang sudah ada sebelumnya, Anda dapat dengan aman makan satu telur per hari.

Sereal yang Diperkaya Vitamin D
Telur bukan satu-satunya makanan sarapan yang dapat membantu menurunkan T. Jika Anda harus menjaga kolesterol darah, ini adalah kabar baik. Merek sereal tertentu diperkaya dengan vitamin D, belum lagi nutrisi sehat jantung lainnya. Pertimbangkan untuk memasukkan sereal yang diperkaya ke dalam rutinitas sarapan Anda untuk memulai hari dan tingkat testosteron Anda.

Tiram
Seng adalah nutrisi penting selama masa pubertas, dan efeknya dapat mengendalikan hormon pria sepanjang masa dewasa. Pria yang memiliki T rendah mendapat manfaat dari peningkatan asupan seng jika mereka juga mengalami kekurangan seng. Tiram adalah sumber yang baik untuk mineral ini.

Kepiting
Menyajikan kepiting atau lobster sesekali dapat meningkatkan kadar testosteron Anda. Ini sebagian berkat kandungan seng dalam makanan laut favorit ini. Menurut Institut Kesehatan NasionalSumber, kepiting raja Alaska memiliki 43 persen dari nilai harian seng Anda hanya dalam porsi 3 ons.

Daging Sapi
Ada masalah kesehatan yang nyata tentang konsumsi daging merah yang berlebihan. Beberapa potongan tidak hanya memiliki lebih banyak lemak daripada unggas, tetapi makan terlalu banyak juga terkait dengan kanker tertentu, seperti kanker usus besar.

Meski begitu, beberapa potongan daging sapi memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan testosteron. Hati sapi adalah sumber vitamin D yang luar biasa, sedangkan daging giling dan daging panggang mengandung seng. Untuk mengendalikan lemak hewani, pilih hanya potongan daging tanpa lemak dan hindari memakannya setiap hari.

Kacang
Ketika berbicara tentang kesehatan hormon pria, kacang mungkin menawarkan lebih banyak manfaat daripada yang Anda kira. Banyak kacang-kacangan, seperti buncis, lentil, dan kacang panggang, semuanya dianggap sebagai sumber seng yang baik. Sebagai bonus, makanan ini kaya serat dan protein nabati yang dapat melindungi kesehatan jantung Anda.

Tuna
Tuna kaya akan vitamin D, yang dikaitkan dengan umur panjang dan produksi testosteron. Ini juga merupakan makanan sehat jantung, kaya protein yang rendah kalori. Baik Anda memilih kalengan atau segar, makan ikan ini bisa menjadi cara alami untuk meningkatkan testosteron. Satu porsi tuna memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda.

Jika Anda bukan penggemar tuna, Anda dapat mempertimbangkan sumber vitamin D amis lainnya, seperti salmon atau sarden. Ingatlah bahwa moderasi adalah kuncinya. Usahakan maksimal dua hingga tiga porsi seminggu untuk meminimalkan asupan merkuri, yang ditemukan dalam makanan laut.

SHARE