Kegelisahan Akibat Perubahan di Tempat Kerja - Male Indonesia
Kegelisahan Akibat Perubahan di Tempat Kerja
MALE ID | Works

Dengan ekonomi yang terus berubah di dunia saat ini, tempat kerja berebut untuk mengikutinya, sering kali meninggalkan karyawan yang stres. Jika Anda mengalami kecemasan akibat perubahan di tempat kerja, Anda dapat terhibur karena mengetahui bahwa Anda tidak sendiri. 

Photo by Hello I'm Nik on Unsplash

Mempelajari cara mengatasi stres di tempat kerja dan kapan harus turun tangan, serta kapan harus mencari bantuan, dapat membantu Anda mengelola kecemasan di tempat kerja dan merasa lebih rileks.

Kecemasan adalah perasaan stres dan khawatir yang dapat dipicu oleh perubahan lingkungan atau keadaan eksternal lainnya. Kegelisahan di tempat kerja tidak jarang terjadi, terutama dengan PHK, resesi dan merger serta kebangkrutan perusahaan. 

Mengutip laman Small Business, sebuah studi yang dilakukan oleh Harris, Rothenberg International Inc., megatakan bahwa jumlah panggilan yang dilakukan pekerja ke Program Bantuan Karyawan yang disponsori perusahaan meningkat hampir 10 persen pada tahun 2008, dengan banyak pekerja menelepon tentang stres, kecemasan, dan depresi.

Perubahan di tempat kerja dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk karyawan baru, manajemen baru, ekspansi, perampingan, kebangkrutan, PHK, merger, perubahan kebijakan, pensiun, peningkatan beban kerja, dan pemecatan. Perubahan bisa sekecil kebijakan ruang makan siang baru atau sebesar perusahaan baru yang mengambil alih. 

Apapun situasinya, perubahan lingkungan kerja Anda dapat menyebabkan stres saat Anda menyesuaikan diri dengan situasi baru. Beberapa perubahan, seperti pemecatan atau pemecatan, bisa sangat membuat stres, karena Anda mungkin mengkhawatirkan mata pencaharian dan kemampuan Anda untuk bertahan secara finansial.

Mengatasi Perubahan
Belajar menghadapi perubahan di tempat kerja dapat membantu Anda mengurangi kecemasan. Beberapa cara yang berguna untuk menghadapi perubahan di pekerjaan Anda termasuk berbicara dengan manajer dan rekan kerja Anda tentang perubahan dan menawarkan umpan balik yang konstruktif tentang perubahan tersebut, menyuarakan kekhawatiran yang mungkin Anda miliki. 

Jika Anda membutuhkan seseorang untuk melampiaskannya dan tidak ingin berbicara terlalu banyak di tempat kerja, coba hubungi saluran bantuan karyawan perusahaan Anda jika ada atau berbicara dengan teman atau anggota keluarga di luar. 

Gabungkan juga latihan relaksasi ke dalam hidup Anda seperti yoga atau meditasi, olahraga teratur, dan makan sehat. Cobalah untuk mempertahankan sikap positif tentang perubahan di tempat kerja Anda dan sadari bahwa itu dapat membantu perusahaan dan memacu pertumbuhan individu.

Terkadang berbicara dengan teman atau orang yang Anda cintai tidak cukup untuk meredakan kecemasan Anda. Jika Anda mengalami kecemasan yang semakin meningkat atau tidak dapat mengurangi tingkat stres Anda apa pun yang Anda coba, pertimbangkan konseling profesional. 

Psikolog atau psikiater dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang membuat Anda stres dan mengajari Anda cara yang sehat untuk mengatasinya. Jika Anda didiagnosis menderita gangguan kecemasan, psikiater Anda mungkin akan meresepkan obat untuk membantu. Jika pekerjaan Anda sangat membuat stres sehingga Anda mengalami atau mengembangkan masalah kesehatan, mulailah mencari pekerjaan lain untuk melepaskan diri Anda dari situasi beracun.

SHARE