Perkuat Dasar Panggul Untuk Ereksi Lebih Baik - Male Indonesia
Perkuat Dasar Panggul Untuk Ereksi Lebih Baik
MALE ID | Sex & Health

Dalam kehidupan sehari-hari, jarang yang membicarakan tentang dasar panggul pria. Bahkan banyak pria tidak menyadari bahwa kekuatan dasar panggul ada hubungannya dengan ereksi.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Apa itu dasar panggul? Dasar panggul adalah sekelompok otot yang meregang di antara tulang duduk (tuberositas iskia), yang berada di antara tulang kemaluan dan tulang ekor Anda.

Pada pria, dasar panggul terdiri dari tiga lapisan otot yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Pertama, lapisan terdalam otot dasar panggul yang berperan penting dalam menopang organ panggul, membantu menjaga kandung kemih dan usus tetap di dalam tubuh Anda.

Kedua, lapisan dalam dari dasar panggul Anda juga membantu mengatur tekanan di dalam perut saat Anda bernapas, dan selama latihan otot perut.

Ketiga, lapisan tengah otot dasar panggul atau diafragma urogenital, membantu mengoordinasikan tulang panggul dan sakrum agar berfungsi sebagai dasar yang stabil untuk menggerakkan kaki dan batang tubuh Anda. Lapisan tengah ini juga yang mengontrol buang air kecil.

Lapisan paling dangkal dari dasar panggul (otot yang paling dekat dengan permukaan) mencakup dua otot yang membungkus pangkal penis tepat di depan kelenjar prostat, yaitu ischiocavernosus dan bulbospongiosus. Otot penting ini, dilansir dari menshealth, mengontrol aliran darah masuk dan keluar dari penis.

Ketika ischiocavernosus dan bulbospongiosus berkontraksi, mereka menyempitkan pangkal penis dan mencegah darah mengalir keluar, meningkatkan tekanan darah di dalam penis dan memfasilitasi ereksi.

Latihan Penguatan

Dalam edisi awal Grey's Anatomy (buku teks anatomi klasik) ischiocavernosus disebut “erector penis”. Kekuatan otot-otot ini biasanya menurun seiring bertambahnya usia. Pria yang memiliki kendali dan kekuatan lebih besar pada kedua otot ini dapat mencapai ereksi lebih mudah, dan ereksinya lebih keras.

Cara menargetkan ischiocavernosus untuk ereksi yang lebih baik, sebenarnya cukup mudah. Cara paling efektif untuk menjelaskan cara melakukannya adalah dengan memikirkan tentang memendekkan penis. Jika Anda mencoba melakukan ini, Anda akan merasakan ischiocavernosus berkontraksi di sekitar pangkal penis Anda, di belakang skrotum.

Anda juga akan melihat penis Anda benar-benar sedikit tertarik ke dalam tubuh Anda. Ini juga dapat membuktikannya dengan cara meraba/menyentuhnya. Pegang ujung penis Anda di antara ujung jari Anda, sehingga posisi penis sekitar 30 derajat dari batang tubuh Anda. Tarik dengan sangat lembut menggunakan jari-jari Anda, seolah-olah menarik penis keluar dari akarnya.

Sekarang coba tarik penis kembali ke dalam tubuh atau persingkat penis secara langsung melawan tekanan jari-jari Anda. Ini secara efektif mengaktifkan otot ischiocavernosus, dan terlebih lagi, tarikan jari Anda memberikan beban untuk otot, yang penting untuk penguatan.

Sama seperti program latihan penguatan otot lainnya, Anda harus melakukan dua hingga tiga sesi per minggu pada hari-hari yang tidak berurutan, dan secara bertahap tingkatkan bebannya. Anda perlu secara bertahap meningkatkan intensitas latihan untuk terus meningkatkan kekuatan.

Dalam latihan ischiocavernosus, hanya dengan menarik sedikit lebih keras pada penis Anda, untuk meningkatkan resistensi yang harus dilakukan oleh otot ischiocavernosus Anda untuk menarik kembali penis.

Untuk pelatihan inkontinensia urin, cukup pertahankan tingkat upaya relatif (maksimal dan submaksimal). Ingatlah bahwa disfungsi ereksi dan inkontinensia urin memiliki beberapa penyebab potensial selain kelemahan otot, dan Anda harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan jika latihan penguatan tidak efektif dalam tiga bulan.

SHARE