Bagaimana Rambut Rontok Pengaruhi Harga Diri Pria - Male Indonesia
Bagaimana Rambut Rontok Pengaruhi Harga Diri Pria
MALE ID | Looks

Rambut rontok pada pria dapat mengurangi harga diri dan kepercayaan diri. Untungnya, kombinasi pendekatan terapi dan perawatan rambut rontok dapat membantu Anda menerima dan mengatasi kerontokan rambut pola pria.

Photo by Wesley Tingey on Unsplash

Ada banyak penyebab rambut rontok pada pria. Alopecia (kebotakan atau kerontokan rambut) dapat terjadi karena masalah hormonal, kerusakan folikel mekanis, kondisi autoimun, atau akibat kemoterapi.

Penyebab paling umum dari rambut rontok pria adalah androgenic alopecia (juga dikenal sebagai androgenetic alopecia atau pola kebotakan pria). Dalam kondisi ini, kulit kepala menjadi lebih sensitif terhadap hormon dihidrotestosteron (DHT), yang memperpendek siklus pertumbuhan rambut dan mengurangi produksi folikel rambut. 

Hasilnya adalah lebih sedikit rambut yang tumbuh dari waktu ke waktu di area tertentu seperti di atas kepala dan di atas pelipis. Rambut yang tumbuh lebih tipis dan lebih mudah patah dari sebelumnya.

Menurut US National Library of Medicine dalam laman WebMd, sekitar 50 persen pria Kaukasia mengalami pola kebotakan pria. Kondisi ini terjadi dalam keluarga dan lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.

Rambut Rontok dan Harga Diri
“Rambut rontok telah mempengaruhi harga diri pria selama berabad-abad, jika tidak lebih lama,” kata dokter umum dan penasihat medis Nikola Djordjevic, MD, mengatakan kepada WebMD

“Rambut tebal panjang pada zaman kuno adalah simbol maskulinitas dan vitalitas, jadi masuk akal jika pria secara psikologis juga terpengaruh oleh rambut rontok. Rambut rontok melambangkan penuaan dan kelemahan, itulah mengapa menurut saya pria mulai merasa lebih tertekan saat rambut mereka mulai rontok," tambahnya.

Berbagai penelitian telah mengaitkan kerontokan rambut pola pria dengan penurunan harga diri dan penurunan kepercayaan diri. Sebuah studi tahun 2019 di International Journal of Trichology menemukan bahwa androgenic alopecia menurunkan kualitas hidup banyak pria, dengan efek khusus di bidang persepsi diri dan hubungan interpersonal. 

Penelitian 2018 di Journal of Cosmetic Dermatology mengidentifikasi harga diri rendah pada banyak pasien dengan alopecia androgenik dan menemukan bahwa kepercayaan diri dapat meningkat setelah perawatan transplantasi rambut.

"Rambut rontok pada pria dapat mempengaruhi harga diri sejauh pria percaya penampilannya menjadi bagian penting dari apa yang membuatnya menjadi orang yang berharga atau berharga," kata psikolog Paul Greene, PhD. 

"Untuk pria yang sangat memperhatikan penampilan dan mengidentifikasi sebagai pria yang tampak lebih muda, rambut rontok dapat memengaruhi harga diri secara signifikan."

Mendapatkan bantuan dari profesional medis adalah kunci untuk mengelola masalah kerontokan rambut pola pria dan menurunkan harga diri. "Jika seorang pria mengalami kesulitan harga diri yang signifikan terkait dengan kerontokan rambut, pilihan terbaik adalah mencari bantuan dari terapis," kata Greene. 

"Harga diri tidak mudah diubah, dan kita bisa mendapatkan keuntungan dari bantuan profesional dalam melakukan perbaikan semacam itu."

Dokter kulit juga dapat meresepkan berbagai perawatan untuk mengatasi pola kebotakan pria. “Alopecia androgenetik dapat diobati dengan minoksidil topikal, obat oral seperti finasteride, atau bahkan vitamin rambut tertentu (Nutrafol dan Viviscal - ini memiliki studi klinis untuk mendukung pertumbuhan rambut),” dokter kulit Edidiong CN Kaminska, MD, MBS, mengatakan kepada WebMD Connect to Care . 

“Juga suntikan plasma kaya trombosit dapat membantu menumbuhkan kembali rambut. Transplantasi rambut juga merupakan pilihan bagi pria yang telah berhenti rontok dan ingin mengganti rambut yang hilang. ” Ada juga perangkat terapi cahaya tingkat rendah yang bisa dilakukan di rumah untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Jangan tunggu. Semakin cepat Anda mengatasi gejala kerontokan rambut, semakin besar kemungkinan Anda mencegah hasil yang tidak dapat diubah. Bicaralah dengan profesional medis hari ini dan mulailah perjalanan Anda menuju rambut yang lebih tebal dan dapatkan kembali harga diri dan kepercayaan diri Anda.

SHARE